Airin: Tryout UTBK Jadi Tolok Ukur bagi Siswa

    FOTO: Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam sambutannya saat kegiatan tryout UTBK (dok.hms)

    TANGSEL (BT) – Ratusan siswa tingkat SMA sederajat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nampak antusias mengikuti tryout Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangsel, Kamis (19/12/2019).

    Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan, melalui tryout ini siswa bisa mengukur segala kemampuannya. Siswa juga bisa mengukur passing grade jurusan dan kemampuan yang dimiliki.

    “Jadi bisa buat tolak ukur. Kemampuannya sudah sampai mana. Sehingga nantinya kalau ada yang kurang, bisa ditingkatkan. Siswa juga bisa mengoreksi sendiri, mana yang harus dipelajari lagi,” ungkap Airin.

    Ia menyampaikan, sekolah adalah batu loncatan sedangkan kuliah adalah tahap untuk meraih apa yang dicita-citakan. Dengan begitu ia berharap siswa dapat memastikan dan melakukan upaya untuk meraih cita-citanya ke depan nanti.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadindikbud) Kota Tangsel Taryono mengaku jika dirinya menerima banyak feedback baik terkait dengan tryout ini. Beberapa orang mengirimi sebuah pesan bahwa tryout ini memberikan informasi apa saja pada UTBK nanti.

    Selain itu, Taryono juga memastikan jika penyampaian materi tryout ini dilakukan dengan cara sedemikian menarik. Hal itu agar siswa lebih mudah menyerap materi dan nyaman pada saat mengikuti tryout.

    “Jadi tadi saya dapat pesan kalau kegiatan hari ini sangat menyenangkan. Karena itu saya juga ikut senang, terhadap panitia yang sudah maksimal melaksanakan kegiatan ini,” ucap Taryono.

    Menurut ia, kegiatan ini juga membuka kesempatan yang lebih lebar untuk memastikan bahwa siswa siswi Tangsel dapat meneruskan pendidikan tingginya ke Universitas Negeri yang bergengsi serta unggulan. (Ris/Hmi)