Aparatur Kecamatan Karang Tengah Fokus Tangani Pandemi Covid-19

    Camat Karang Tengah, Edi M Asdha (dua kiri), sedang memonitoring pelaksanaan vaksin bagi pelajar usia 12 tahun ke atas, di SMPN 24, Rabu (21/7).

    TANGERANG – Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, berbagai upaya telah dilakukan oleh aparatur Kecamatan Karang. Mulai dari wawaran penerapan protokol kesehatan bagi warga, penyemprotan disinfektan, hingga bekerja sama dengan Puskesmas wilayah setempat dalam melaksanakan vaksinasi.

    Warga Karang Tengah dari berbagai kategori pun sudah mulai mendapatkan Vaksin Sinovac. Mulai pelaku UKM, pengurus RT/RW, lansia, pra lansia, kategori umum usia 18+, hingga remaja usia 12 tahun ke atas.

    Camat Karang Tengah Edi M Asdha menerangkan, pihaknya bekerja sama dengan puskesmas dalam melaksanakan vaksin bagi warga di masing-masing lingkungan.

    Camat Karang Tengah Edi M Asdha.

    “Di wilayah kami terdapat tiga puskesmas. Masing-masing Puskesmas Karang Tengah, Pondok Bahar dan Puskesmas Pedurenan. Setiap puskesmas melakukan vaksinasi di wilayah terdekat,” ungkap Edi, Rabu (21/7).

    Ia mencontohkan kegiatan vaksinasi bagi warga usia 18 tahun ke atas dosis 1 dan 2 yang digelar, Rabu (21/7), di tiga wilayah berbeda. Termasuk vaksin bagi pelajar usia 12 tahun ke atas.

    “Puskesmas Pedurenan melaksanakan vaksin di GOR Pedurenan, Puskesmas  Karang Tengah menggelar vaksin di SDN Karang Tengah 1, 2 dan 11. Sedangkan Puskesmas Pondok Bahar melakukan vaksin di  halaman kantor kelurahan,” terang Edi.

    Sedangkan vaksin bagi pelajar tambah Edi, digelar di hari yang sama di SMPN 24 Karang Tengah. Vaksinasi perdana bagi siswa-siswi usia 12 tahun ke atas itu menargetkan 1000 dosis.  

    “Dalam pelaksanaan vaksinasi, jajarannya bersama aparatur melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat> termasuk para pengurus RT dan RW dalam hal pengerahan massa. Termasuk menentukan lokasi dan menyiapkan segala hal yang diperlukan agar proses pelaksanaan vaksin berjalan tertib dan lancar.

    “Ke depan kami akan terus bekerja sama dengan puskesmas dalam kegiatan vaksinasi warga. Berharap masyarakat mendapatkan kekebalan tubuh dari serangan Covid-19. Sehingga upaya memutus mata rantai penyebaran virus ini dapat terwujud,” tutur Edi.

    Sekcam Karang Tengah Hesto Suwaninda.

    Selain menggelar vaksinasi, aparatur Kecamatan Karang Tengah juga aktif memberikan makanan siap saji bagi warga yang saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

    “Sejak pemerintah mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, kader PKK kecamatan mulai membuka dapur umum buat kepentingan warga,” ungkap Sekretaris Kecamatan Karang Tengah, Hesto Suwaninda.

    Makanan yang sudah matang tersebut, kemudian didistribusikan oleh masing-masing kelurahan untuk selanjutnya disebar ke warga yang sedang menjalankan isolasi mandiri lewat  Kampung Sigacor maupun para pengurus RT/RW.

    Menurut Hesto, bahan sembako untuk keperluan dapur umum kecamatan berasal dari bantuan Kementerian Sosial, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan donasi para pegawai kecamatan. Bahkan dapur umum pun dibangun di masing-masing kelurahan di wilayah Kecamatan Karang Tengah.

    “Selain memberi bantuan bagi masyarakat, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan moral dari kami bagi warga yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri,” ujar Hesto. (tam)