Begini Cara Menjaga Gizi Seimbang Saat Berpuasa

    Layanan konsultasi gizi gratis yang diinisiasi Dinkes Kota Tangerang.

    TANGERANG – Di bulan suci Ramadan, umat muslim di seluruh dunia menjalani puasa selama 30 hari. Di mana kita harus menahan lapar, haus dan hawa nafsu selama 12-13 jam. Lantas, bagaimana cara menjaga gizi seimbang saat berpuasa?

    Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), menyajikan layanan konsultasi Poli Gizi gratis di 37 Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang. Kesemuanya dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kota Tangerang.

    Lewat layanan ini, masyarakat dapat berkonsultasi dengan petugas gizi terkait menu gizi seimbang selama menjalani puasa.

    “Menu bulan puasa, konsumsi gizi seimbang harus bagaimana? Tidak perlu bingung, masyarakat hanya perlu memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan di seluruh puskesmas di Kota Tangerang tak terkecuali RSUD Kota Tangerang yang menyediakan Poli Gizi secara gratis. Dapat berkonsultasi terkait asupan gizi sesuai kebutuhan atau kondisi tubuh ,” ungkap Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni, Senin (27/3).

    Menurutnya, bahan makanan yang termasuk dalam nutrisi karbohidrat diantaranya nasi, ubi, singkong, talas, kentang, pisang, jagung, kurma, kacang merah, bit, nasi merah, oat, apel, mangga, jeruk dan gandum. Sedangkan protein hewani dan nabati ialah telur, daging ayam, ikan, daging sapi, kacang-kacangan, udang, keju, almond, dada kalkun, susu, yogurt, dan brokoli.

    “Sedangkan bahan makanan yang termasuk dalam serat dan vitamin yakni berbagai jenis sayuran dan semua jenis buah-buahan. Untuk lemak, bisa didapat dari alpukat, minyak kelapa, kuning telur, minyak samin, salmon, kacang, minyak zaitun, chia seed, dark chocolate, ikan dan keju,” jelas Dini.

    Sedangkan porsi makan sahur yang direkomendasikan harus mencukupi 40 persen dari kebutuhan total harian masing-masing individu. Jika seseorang membutuhkan 1500 kalori per hari, maka sebaiknya harus dipenuhi 40 persen dalam menu asupan makanan saat sahur.

    “Nanti disesuaikan. Nasinya berapa, lauknya berapa, dan sisanya nanti buat takjil sama berbuka puasa. Hal inilah yang bisa kita konsultasikan ke Poli Gizi di Puskesmas maupun RSUD Kota Tangerang, untuk pola puasa yang sehat supaya tubuh kita dan keluarga di rumah,” tegas Dini. (rls/dev)