Bersama Warga, Pemkot Tangerang Lakukan Normalisasi Drainase

    Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah (kanan), didampingi Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono (dua kanan), saat meninjau beberapa titik drainase di wilayah Kota Tangerang.

    TANGERANG – Mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mulai melakukan normalisasi drainase. Tujuannya agar tidak terjadi penyumbatan pada saluran air. Salah satu titik yang dilakukan normalisasi adalah di wilayah Kecamatan Karawaci, Kelurahan Cimone.

    Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono menjelaskan, pihaknya telah melakukan normalisasi drainase di beberapa titik di Kota Tangerang. Di antaranya adalah wilayah Kecamatan Cibodas dan Ciledug. Para petugas juga telah melakukan normalisasi drainase dibantu warga Kelurahan Cimone.

    “Secepatnya pada titik-titik lokasi lain, tentu akan kami lakukan normalisasi drainase. Khususnya yang memang menjadi langganan banjir,” ungkap Ruta, akhir bulan lalu.

    Menurutnya, petugas dan warga berkolaborasi dalam melakukan normalisasi drainase. Hal tersebut membuktikan bila masyarakat sangat peduli terhadap lingkungannya.

    “Alhamdulillah, para petugas dibantu warga melaksanakan normalisasi drainase di wilayah Kelurahan Cimone. Tentunya ini merupakan kerja sama yang cukup baik serta membuktikan kalau masyarakat peduli terhadap lingkungannya,” jelas Ruta.

    Ia mengimbau kepada masyarakat Kota Tangerang, untuk tidak membuang sampah sembarangan. Supaya tidak terjadi penyumbatan pada drainase yang dapat menyebabkan banjir. Pemkot Tangerang juga akan terus memaksimalkan langkah antisipasi lainnya dalam mengatasi dan mengurangi titik-titik banjir di Kota Tangerang.

    Meski diprediksi kemarau panjang, namun pihaknya berharap kepada masyarakat Kota Tangerang agar terus waspada. Ruta juga meminta warga agar tidak membuang sampah sembarangan yang dapat mengakibatkan saluran drainase tersumbat.

    “Penyumbatan drainase dapat mengakibatkan banjir. Namun pastinya Pemkot Tangerang akan terus melakukan berbagai upaya antisipasi penanganan banjir. Tentunya ini semua perlu dukungan dan kolaborasi dari seluruh masyarakat Kota Tangerang,” kata Ruta. (***)