Bersinergi Baik dengan Tiga Pilar, Camat Tangerang Yudi Pradana Terima Penghargaan Pangdam

    Camat Tangerang, Yudi Pradana (kanan), menerima penghargaan Pangdam Jaya/Jayakarta, pada Apel Dansat TNI AD Tersebar Kodam Jaya 2024, di Mall ABC, Ancol, Jakarta Utara, pekan lalu.

    TANGERANG – Camat Tangerang, Yudi Pradana, menerima penghargaan sebagai camat terbaik pada apel Dansat TNI AD Tersebar Kodam Jaya 2024, di Mall ABC, Ancol, Jakarta Utara, (28/05), lalu. Panglima Kodam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Mohamad Hasan, menyerahkan langsung penghargaan tersebut.  

    Yudi, panggilan akrab Camat Tangerang ini, dinilai telah berhasil melakukan sinergitas bersama jajaran tiga pilar. Yaitu unsur TNI, kepolisian dan pemerintahan daerah. Kerja sama tersebut diantaranya meliputi permasalahan keamanan, ketahanan pangan, masyarakat dan lingkungan.

    “Seperti kita ketahui bersama, baru-baru ini Pemkot Tangerang merevitalisasi Pasar Anyar. Kebetulan perkulakan tradisional tersebut berada di wilayah Kecamatan Tangerang. Kami bersama jajaran tiga pilar, melakukan pendekatan persuasif kepada para pedagang, supaya mereka bersedia untuk sementara direlokasikan ke tempat lain yang disediakan pemkot,” ungkap Yudi.

    Camat Tangerang, Yudi Pradana.

    Menurutnya, upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil. Para pedagang yang tempat usahanya akan direnovasi, dengan sukarela mau mengosongkan lapak mereka. Hal tersebut pun berjalan dengan kondusif.

    “Selanjutnya dalam mewujudkan Program Ketahanan Pangan, kami bersama masyarakat serta babinsa dan binamas, bahu membahu memanfaatkan lahan kosong menjadi perkebunan yang produktif,” tutur Yudi.

    Salah satunya kata Yudi, pemanfaatan lahan kosong di RW 05, Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang. Masyarakat berkolaborasi dengan unsur tiga pilar menanami area tersebut dengan tanaman jagung ketan.     

    “Di sana terdapat Kelompok Wanita Tani (KWT) yang menamakan dirinya Kampung Pejantan (Kampung Jagung Ketan). Warga dibantu tiga pilar, bekerja sama menanam jagung rasa ketan yang bibitnya didatangkan dari Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB),” jelas Yudi.  

    Ke depan tambah Yudi, pihaknya akan terus menjalin kerja sama dengan jajaran TNI AD dan kepolisian, guna mewujudkan lingkungan yang aman, nyaman, asri. Sesuai dengan jargonnya, yaitu Kecamatan Tangerang KUAT (Kreatif Unggul Aktif Teladan).

    Untuk diketahui, penghargaan Panglima Kodam Jaya/Jayakarta, pada apel Dansat TNI AD Tersebar Kodam Jaya 2024, diantaranya diberikan kepada tiga Danramil dan tiga personel Babinsa; tiga Kapolsek (Kapolsek Mampang Prapatan, Kapolsek Penjaringan dan Kapolsek Bantar Gebang). Juga tiga Bhabinkamtibmas; tiga orang camat dan tiga lurah. (***)