BPBD Kota Tangerang Siap Siaga Hadapi Kemungkinan Bencana Banjir

    Petugas BPBD Kota Tangerang bersama relawan, saat sebelum mengevakuasi korban banjir.

    TANGERANG – Memasuki musim penghujan yang mulai mengguyur beberapa pekan ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, telah mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir.

    Para personel yang bertugas di markas komando (Mako) dan empat Unit Pelayanan Teknis (UPT) serta tiga posko bencana di wilayah Kota Tangerang, telah diberi informasi terkait kesiapsiagaan bencana. Hal tersebut dilakukan, beberapa waktu lalu sebelum datangnya musim penghujan.

    “Para personel yang bertugas di mako, UPT dan posko bencana, sudah siap siaga menghadapi kemungkinan bencana banjir. Kami juga telah membekali petugas dengan sarana dan prasarana. Mulai dari perahu, pelampung dan sepatu boot” terang Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan.

    Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan.

    Menurutnya, 80 hingga 100 yang setiap hari bertugas di mako dan UPT, telah dibekali keterampilan dalam hal penanggulangan banjir. Juga memiliki kecakapan saat melakukan proses evakuasi korban.

    “Kami juga telah membentuk Kampung Siaga Bencana di sejumlah kelurahan yang kerap menjadi langganan banjir. Masyarakat yang bergabung dalam tim relawan, sudah diberi edukasi tentang penanggulangan bencana banjir,” tutur Maryono.

    Dalam memuluskan tugas para relawan di Kampung Siaga Bencana, BPBD Kota Tangerang telah melengkapi tim dengan sejumlah sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Mulai dari lemari arsip, senter, jaket hujan, alat komunikasi handy talky (HT) dan pelampung.

    “Apabila terjadi banjir, kami juga akan bekerja sama dengan aparat TNI, Polri, serta pegawai di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Tak lupa kami juga menggandeng relawan. Kemudian mendirikan pos bantuan bencana di titik strategis guna penyaluran logistik dan evakuasi korban,” papar Maryono.

    Ia mengimbau kepada masyarakat sesuai arahan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, agar tidak membuang sampah sembarangan, khususnya ke saluran pembuangan air. Rutin mengadakan kerja bakti membersihkan drainase serta membuat lubang biopori di lingkungan.

    “Bagi masyarakat Kota Tangerang yang membutuhkan bantuan atau pertolongan terkait bencana banjir, silakan menghubungi kontak darurat BPBD Kota Tangerang. Hubungi kami di nomor 112 atau 021-5582144. Petugas kami 24 jam siap membantu melayani warga,” tegas Maryono.

    Berikut daftar nomor telepon layanan BPBD Kota Tangerang :

    1. Mako BPBD Kota Tangerang – (021-5582-144)

    2. UPT Ciledug – (021-7345-0934)

    3. UPT Cibodas – (021-5573-2113)

    4. UPT Batuceper – (021-5522-366)

    5. UPT Periuk – (021-5931-9462)

    6. Pos Benda – (021-5522-366)

    7. Pos Pinang – (021-7345-0934)

    8. Pos Keroncong – (021-5931-9462) (***)