Dinkes Kota Tangerang Temukan 51 Kasus TBC di Kecamatan Benda

    Hasil rontgen salah satu pasien di Kecamatan Benda

    TANGERANG – Sebanyak 51 kasus Tuberkulosis (TBC) ditemukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, di wilayah Kecamatan Benda, saat melakukan pemeriksaan TBC yang digelar secara gratis di kecamatan setempat.

    Penanggung jawab program pemeriksaan TBC asal Puskesmas Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Siti Fajriah menyampaikan, tercatat sebanyak 51 kasus TBC yang ada di Kecamatan Benda. Tentunya setiap keluarga pasien minimal tiga orang harus melakukan pemeriksaan dari skrining, Test Cepat Molekuler (TCM), serta X-ray.

    “Pemeriksaan dilakukan berupa skrining, TCM, serta X-ray. Jika dari hasil ternyata positif, maka akan diberikan edukasi serta obat yang diperlukan,” ungkap Siti.

    Pemeriksaan ini adalah upaya mendukung program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menekan angka kasus TBC. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan skrining ke 13 kecamatan, salah satunya di Kecamatan Benda, pada Selasa (17/1/2023) lalu.

    Kegiatan tersebut menerjunkan tim dari Puskesmas Benda dan Puskesmas Jurumudi Baru. Siti melanjutkan, langkah ini agar masyarakat dapat lebih peduli tentang pentingnya pemeriksaan TBC.

    “Hari ini kami Puskesmas Jurumudi Baru beserta Puskesmas Benda menggelar pemeriksaan TBC secara gratis bagi masyarakat yang merupakan keluarga kontak erat dengan pasien TBC, khususnya di Kecamatan Benda,” jelasnya.

    Sementara salah seorang warga Siti Masitoh mengaku bersyukur bisa melakukan pemeriksaan TBC yang diadakan pihak Dinkes secara gratis. Hal itu dikarenakan salah satu keluarganya sudah terkena TBC.

    “Alhamdulillah saya bersyukur dengan adanya pemeriksaan TBC yang disediakan pemerintah secara gratis ini. Apalagi salah satu keluarga saya ada yang terkena TBC. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan sejak dini,” ucapnya. (ris/Hmi)