Perumdam-TKR

    Harga Bawang Putih di Tangerang Perlahan Menurun

    FOTO: Nampak para pedagang di Pasar Anyar Kota Tangerang sedang beraktifitas

    TANGERANG (BT) – Setelah sebelumnya mengalami lonjakan harga yang cukup tinggi, harga bawang putih saat ini mulai mengalami penurunan di pasar tradisional wilayah Kota Tangerang.

    Di Pasar Anyer misalnya, harga bawang putih yang sebelumnya mencapai Rp60 ribu per kilogram, saat ini mengalami penurunan dengan kisaran harga per kilogramnya mencapai Rp40 ribu. Meski demikian, harga tersebut masih terbilang tinggi dan belum menunjukan harga normal seperti sedia kala.

    “Kemarin pas melonjak harga bawang putih sampai Rp60 ribu, tapi sekarang turun jadi Rp40 ribu per kilogram,” kata Kapul, salah seorang pedagang di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Rabu (19/2/2020).

    “Ini belanjaan beberapa hari lalu, kemungkinan udah turun lagi harganya. Soalnya kita ngambil di Pasar Induk. Biasanya harga normal di sini (Pasar Anyer,-red) kisaran Rp30 – 35 ribu per kilogram,” imbuhnya.

    Hal serupa juga terpantau di Pasar Induk Tanah Tinggi, Kota Tangerang. Harga bawang putih saat ini kembali normal setelah sebelumnya pun juga meroket. Harga bawang putih di Pasar Tanah Tinggi saat ini berkisar Rp27 – Rp28 ribu per kilogram.

    “Sekarang harga bawang putih sudah dalam kondisi normal,” ujar Roy, pedagang di Pasar Induk Tanah Tinggi.

    Kenaikan harga bawang putih dikatakan Roy merupakan dampak dari wabah virus corona, sehingga melonjak cukup tinggi.

    “Kenaikannya mungkin karena ada virus corona. Tapi sekarang sudah normal, ya biasanya kita jual Rp27 ribu. Hanya yang masih tinggi sekarang bawang bombai,” tukasnya. (Hmi)