Imlek 2571 Tahun Tikus Logam, Wanita Hamil Melahirkan Anak Cerdas

    FOTO: Salah satu aktifitas masyarakat etnis Tionghoa di kelenteng Bun San Bio Tangerang untuk melakukan ritual doa

    TANGERANG (BT) – Memasuki tahun baru Imlek 2571, masyarakat Tionghoa di Kota Tangerang menggelar sejumlah ritual yang rutin dilakukan pada setiap tahunnya. Berdasarkan kalender cina, tahun baru Imlek ini jatuh pada 25 Januari 2020.

    Tepat pada 24 Januari 2020 masyarakat etnis Tionghoa di kelenteng Bun Tek Bio Tangerang, terus memadati sejak sore hingga malam pergantian tahun. Demikian juga di kelenteng Bun San Bio Tangerang, nampak masyarakat Tionghoa berbondong-bondong memenuhi area kelenteng tersebut.

    Mereka melakukan ritual doa untuk memohon keberkahan agar dilimpahkan rejeki, mendapat jodoh, dan keberuntungan yang menyertai, untuk kehidupan kedepan pada tahun 2571 yang merupakan tahun tikus logam. Masyarakat tionghoa meyakini bahwa tahun tikus logam mengandung simbol keuntungan dan kekayaan.

    “Ini tahun tikus logam, tahun penuh keuntungan dan kekayaan. Tikus itu binatang kecil yang cerdik dan bijaksana. Tapi tikus juga bisa menggigit kalau diinjak. Artinya kita jangan main-main sama orang kecil, karena orang kecil itu cerdik, dia bisa gigit kalau terus didesak,” ungkap Bebeng, salah seorang suhu atau pembina di Vihara Nimmala Bun San Bio Tangerang, Sabtu (25/1/2020) dinihari.

    Pria berusia 71 tahun itu juga menjelaskan, kecerdikan tikus akan membawa kebaikan serta keuntungan bagi umat manusia. Masyarakatnya meyakini bahwa tahun tikus logam akan melahirkan anak-anak yang cerdas, cerdik, serta bijaksana dalam segala hal.

    “Jadi kalau ada wanita yang hamil dan melahirkan pada tahun tikus logam ini, maka akan melahirkan anak-anak cerdas dan bijaksana. Masyarakat kami meyakini itu,” ujarnya.

    Selain melakukan ritual doa, perayaan tahun baru Imlek ini dimeriahkan dengan berbagai acara kebudayaan Cina Tionghoa. Hal tersebut sekaligus menandai bahwa tradisi etnis Tionghoa di Tangerang ini masih tetap lestari. Perayaan tahun baru ini akan berlangsung selama 15 hari kedepan.

    “Rangkaian acaranya sampai 15 hari kedepan, puncak perayaannya biasa kita sebut Cap Go Meh,” tandas Bebeng. (Hmi)