Ketua DPRD Minta Pemkot Antisipasi Dampak Penyakit Pasca Kebakaran TPA

    Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo

    TANGERANG – Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo minta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menanggulangi dampak bencana kebakaran secepatnya.

    Hal itu menyusul ditemukannya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) yang telah menyerang balita pasca kebakaran di TPA Rawa Kucing beberapa hari lalu.

    Menurut Bowo, sapaan akrabnya, koordinasi para OPD selama ini cukup baik, namun terkait langkah-langkahnya harus lebih diperjelas dan menyeluruh.

    “Langkah-langkah penanggulangannya memang harus melibatkan seluruh OPD. Jadi tidak hanya Damkar, Dishub, Satpol PP, tapi juga Dinkes dan seluruh lintas OPD,” kata Bowo, Rabu (1/11/2023).

    Ia berharap Pemkot Tangerang dapat mengantisipasi segala dampak penyakit terutama ISPA yang akan terjadi pasca kebakaran TPA Rawa Kucing beberapa hari lalu.

    “Dari awal kita sudah analisa bahwa setelah ini pasti akan timbul ISPA pernapasan, karena yang pertama kondisi asapnya masih terus ada, kedua dampak bau udaranya juga tambah parah, jadi harus dilakukan penanggulangan secepatnya,” terang Bowo.

    Kemudian, lanjut Bowo, terus melakukan koordinasi kepada pemerintah bukan hanya kepada pemerintah provinsi tapi juga kepada pemerintah pusat.

    “Jadi lintas koordinasi. Dan statusnya juga harus diperjelas,” tandasnya.

    Seperti diketahui, TPA Rawa Kucing terbakar pada Jumat, 20 Oktober 2023, siang. Hingga kini penanganan pun masih terus berlanjut. Kebakaran ini juga sudah ditetapkan sebagai Darurat Bencana. (Hmi)