LASQI Nusantara Jaya Gelar Pemilihan Duta Qasidah di Kota Tangerang

    Pemilihan Duta-Duta Qasidah Tingkat Nasional tahun 2023 yang berlangsung di Kota Tangerang

    TANGERANG – Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Nusantara Jaya mengadakan pemilihan Duta-Duta Qasidah Tingkat Nasional tahun 2023. Acara yang di gelar selama tiga hari ini berlangsung di Kota Tangerang, mulai Kamis hingga Sabtu, (09-12/11/2023).

    Pemilihan Duta-Duta Qasidah juga dibarengi dengan lomba qasidah yang diikuti oleh 24 peserta dari perwakilan Provinsi se-Indonesia.

    Terdapat tiga (3) kategori yang dilombakan yakni, qaidah klasik, rebana dan gambus. Para peserta sendiri kebanyakan para pelajar, mulai tingkat SMP hingga SMK dan masyarakat umum.

    Pembukaan Pemilihan Duta Qasidah tingkat nasional dibuka oleh Ketua DPP LASQI Nusantara Jaya, dihadiri DPW Kepri, NTB, Surabaya, Lampung dan lainnya. Di Gedung MUI Kota Tangerang.

    “DPW Banten sendiri sebagai tuan rumah pada agenda kali ini,” kata Aspura, salah satu panitia yang juga pengurus DPP LASQI Nusantara Jaya, disela perlombaan di Gedung Al Amanah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (10/11/2023) malam.

    Adapun agenda tersebut, lanjutnya, merupakan hasil dari Rakernas 2023 yang dilaksanakan beberapa bulan lalu di Kota Tangerang.

    “Ini sebenarnya hasil dari Rakernas kemarin yang diadakan juga di Kota Tangerang, hari ini kembali Kota Tangerang ditunjuk sebagai tuan rumah pemilihan duta-duta qasidah tingkat nasional, alhamdulillah,” ujarnya.

    Lebih lanjut Aspura menyampaikan, tujuan dari agenda ini adalah untuk melestarikan seni qasidah terutama kepada generasi muda bangsa. Mengingat, kata dia, seni qasidah yang sudah lama lahir harus tetap dilestarikan.

    “Kesenian (qasidah) ini tak hanya sebagai kesenian atau musik semata, tapi juga sebagai siyar dakwah Islam. Jadi qasidah sudah menjadi bagian dari perjalanan musik Islam di tanah air,” tuturnya.

    “Makanya harus tetap kita lestarikan kepada anak-anak, generasi muda. Agar mereka mengenal seni qasidah dimana saat ini generasi muda kita lebih menggemari musik masa kini,” imbuhnya.

    Oleh karena itu, LASQI Nusantara Jaya akan terus berkomitmen menjaga, melestarikan seni qasidah sebagai peninggalan dan juga warisan budaya di Indonesia. Dengan terus menggelar event-event serupa di seluruh tanah air.

    Ditempat yang sama, Ketua Harian DPW LASQI Nusantara Jaya Kepulauan Riau alias Kepri, Rita berharap pemerintah juga memberikan support kepada LASQI Nusantara Jaya.

    “Terlebih untuk kegiatan-kegiatan seperti hari ini. Semoga pemerintah juga dapat mendukung event kami selanjutnya,” harapnya. (Hmi)