Manusia Perak Kian Marak di Kota Tangerang

    FOTO: Nampak manusia silver tengah menghadang sejumlah pengendara motor di Jalan KH. Hasyim Ashari Kota Tangerang

    TANGERANG – Kian maraknya kelompok anak jalanan (anjal) yang kerap beraksi dengan sekujur tubuh berhiaskan cat silver atau perak membuat resah warga Kota Tangerang.

    Anjal yang biasa disebut manusia silver atau manusia perak ini pun banyak dikeluhkan masyarakat. Tak hanya di pusat-pusat kota, manusia silver yang mencari peruntungan dengan meminta belas kasihan ini pun mulai bergerilya ke pelosok daerah di Kota Tangerang.

    Warga Batuceper Kota Tangerang, Yadi (28) mengaku sudah lama mengetahui munculnya anjal jenis tersebut. Namun, keberadaannya beberapa bulan belakangan ini kian marak khususnya di Kota Tangerang.

    “Udah lama sih setau saya. Tapi belakangan ini jumlahnya makin banyak kayanya. Malah sekarang udah masuk ke kampung-kampung, bikin resah,” kata Yadi, Jumat (13/11/2020).

    Senada, pengendara roda dua yang melintas di Jalan KH. Hasyim Ashari Cipondoh, Kota Tangerang, Fauzi mengaku resah dengan maraknya kelompok anjal tersebut di tengah masyarakat.

    “Ya semua resah pasti. Karena terkadang mereka (manusia perak-red) ga mau pergi kalo belum dikasih,” ujarnya.

    Diketahui sebelumnya, aksi manusia silver ini semula dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat saat penggalangan dana. Namun, aksi manusia silver kini dinilai menyimpang lantaran banyak oknum yang menjadikannya sebagai mata pencaharian. (Hmi)