Masyarakat Cibodas Diberi Pengetahuan Tata Cara Pendaftaran Tanah dan PHBS

    Camat Cibodas Buceu Gartina (tengah), pada kegiatan peningkatan kapasitas RT RW se-Kecamatan Cibodas, Jumat (24/11), di aula kecamatan.

    TANGERANG – Masyarakat Kecamatan Cibodas diberi pengetahuan terkait tata cara pendaftaran tanah dan sosialisasi lingkungan sehat lewat PHBS. Edukasi tersebut disampaikan dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas RT RW se-Kecamatan Cibodas, Jumat (24/11), di aula kantor kecamatan.

    Puluhan ketua RT dan RW di lingkungan Kecamatan Cibodas, hadir dalam kegiatan tersebut. Camat Cibodas, Buceu Gartina menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan RT dan RW terkait pendaftaran tanah serta Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

    “Kami sengaja mengundang narasumber dari Kantor Pertanahan Kota Tangerang, untuk menjelaskan langsung kepada masyarakat melalui perwakilan para ketua RT dan RW,  tentang tata cara, tahapan serta kelengkapan berkas yang harus dilampirkan oleh warga guna mendaftarkan kepemilikan tanahnya ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang,” jelas Buceu.  

    Kegiatan peningkatan kapasitas RT RW se-Kecamatan Cibodas.

    Informasi ini menjadi sangat penting terutama bagi warga yang sama seklai tidak mengetahui bagaimana cara mengajukan kepemilikan tanah menjadi sertifikat hak milik (SHM).   

    “Juga terkait kebersihan lingkungan, kami sengaja mengundang narasumber Ketua Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) Kecamatan Cibodas, untuk menjelaskan program kebersihan dan membentuk lingkungan bersih dan sehat,” tutur Buceu.

    Ia berharap, kegiatan ini dapat membantu para ketua RT dan RW untuk bisa menjelaskan atau memberikan informasi kepada masyarakat, terkait pelayanan  administrasi pendaftaran tanah sesuai aturan yang berlaku serta meningkatkan kebiasaan PHBS di lingkungan RT dan RW.

    Kegiatan yang diselenggarakan oleh aparatur Kecamatan Cibodas ini, diikuti dengan penuh antusias oleh para peserta yang hadir. Pertanyaan-pertanyaan dilontarkan kepada narasumber untuk menjawab ketidaktahuan para pengurus RT RW.

    Hadir sebagai narasumber, Edi Karwoto, Penata Pertanahan Pertama BPN Kota Tangerang. Ketua FKTS Kecamatan Cibodas, Syaifudin. Pada kesempatan itu juga diulas tentang pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Cibodas. (***)