Pembukaan Porprov VI Banten Diwarnai Budaya Lokal Kota Tangerang

    Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat pembukaan Porprov VI Banten di Stadion Benteng Reborn


    TANGERANG – Pekan Oahraga Provinsi (Porprov) VI Banten resmi digelar. Pembukaan perhelatan akbar yang berlangsung di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang ini pun banyak menuai pujian.

    Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengapresiasi penampilan para penari kolosal binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang yang telah berpartisipasi dalam kemeriahan pembukaan Porprov VI Banten di Kota Tangerang.

    “Kita terima kasih dan apresiasi buat penampilan escoda sama seluruh penari yang telah berpartisipasi dalam pembukaan Porprov. Mudah-mudahan bisa menunjukan kekayaan khas Kota Tangerang,” ucap Arief saat diwawancara Beritatangerang.id, Minggu (20/11/2022).

    Menurut Arief, tarian kolosal yang terdiri dari 8 tarian daerah kabupaten/kota se-Provinsi Banten itu menunjukkan bahwa Provinsi Banten memiliki kekayaan seni dan budaya. Dengan begitu dirinya berharap agar seluruh masyarakat  mampu menjaga serta melestarikan seni dan budaya.

    “Semoga kita bisa menjaga, melestarikan, untuk menjadikan modal besar kemajuan Banten kedepannya,” tandas Arief.

    Senada, Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Turidi Susanto juga mengapresiasi pertunjukan pada pembukaan Porprov VI Banten tersebut. Ia berharap penyelenggaraan Porprov mulai dari pembukaan hingga penutupan dapat berjalan kondusif.

    “Ini pembukaaan yang luar biasa. Saya harap penyelenggaraan pertandingan juga luar biasa dan berjalan kondusif,” katanya.

    “Budaya lokal yang ditampilkan saat pembukaan saya kira cukup baik. Dengan begitu ciri khas Kota Tangerang sebagai kota yang berbudaya bisa ditampilkan dari tarian kolosal yang dilakukan bersama-sama, sehingga bisa meriah di acara pembukaan itu,” imbuhnya.

    Diketahui, kemegahan pembukaan Porprov VI Banten ini tak lepas dari peran Disbudpar Kota Tangerang sebagai penggagas konsep pada pembukaan perhelatan akbar tersebut. Kegiatan opening itu diisi dengan berbagai hiburan menarik dan spektakuler yang dipertunjukkan.

    Rangkaian acara dibuka dengan penampilan defile defile dari 8 kota/kabupaten peserta Porprov VI Banten. Kemudian dilanjut dengan tarian kolosal mengangkat budaya lokal yang mengawali kemeriahan dan ditutup dengan penampilan band Padi. Acara juga diisi dengan sejumlah artis lokal di Kota Tangerang.

    Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kota Tangerang, Sumangku Getar menjelaskan, perlu diketahui bahwa penyelenggaraan Porprov VI Banten di Kota Tangerang ini bukan hanya ajang olahraga semata, namun juga olahbudaya.

    “Ini bukan hanya menjadi momen olahraga saja, tapi juga olahbudaya,” ungkap Mangku.

    “Kita perlu bersama-sama membangun kebudayaan ini, karena gak bisa pemerintah membangun sendirian,” lanjutnya.

    Menurutnya, pertunjukkan pembukaan ini merupakan awal kebangkitan seni dan budaya 8 kota/kabupaten se-Provinsi Banten khususnya Kota Tangerang. Pembukaan tersebut juga menjadi ajang untuk mengangkat budaya lokal Banten khususnya Kota Tangerang.

    “Ini menjadi langkah pertama bagi dunia tari, kesenian, dan kebudayaan di Kota Tangerang. Dan ini yang perlu dibangun,” katanya.

    “Selamat olahraga dan olahbudaya, mari bersama berkarya,” pungkasnya. (Adv)