Pemkot Tangerang Terima 150 Sertifikat Aset Daerah

    Pj Walikota Tangerang, Dr Nurdin (tiga kiri), menerima sertifikat aset milik daerah dari Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kota Tangerang, Muh. Yusuf (dua kiri), di Kantor Walikota Tangerang, Kamis, (21/03).

    TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang menerima 127 Sertifikat Aset dan 23 Sertifikat Hak Pakai Elektronik Barang Milik Daerah (BMD) dari Kantor Pertanahan Kota Tangerang.

    Sertifikat aset dan Hak Pakai Elektronik tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kota Tangerang, Muh. Yusuf, kepada Pj Walikota, Dr Nurdin, di Kantor Walikota Tangerang, Kamis, (21/03).

    Dalam kesempatan itu, Nurdin menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian ATR/BPN, khususnya Kantah Kota Tangerang atas sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin dalam berbagai upaya penanganan dan penyelesaian masalah aset di Kota Tangerang.

    “Upaya sertifikasi yang terus dilakukan bersama-sama ini, tentunya merupakan wujud pengamanan aset barang milik daerah maupun milik Negara. Juga sebagai upaya pencegahan terhadap potensi persoalan sengketa tanah yang mungkin akan terjadi.” tutur Nurdin.

    Ia menambahkan, upaya pengamanan aset menjadi sangat penting guna memastikan agar aset-aset tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan publik.

    “Mudah-mudahan kolaborasi dan sinergi ini dapat terus berjalan, sehingga semakin banyak persoalan-persoalan aset Kota Tangerang yang dapat diselesaikan. Juga pelayanan terhadap masyarakat dapat semakin optimal.” jelas Nurdin.

    Sedangkan Kakantah Kota Tangerang, Muh. Yusuf mengungkapkan, pada 2024 ini pihaknya menargetkan 750 sertifikasi aset dapat diselesaikan.

    “Alhamdulillah hari ini masih di bulan Maret, namun kami sudah menyelesaikan total 150 sertifikat. Masing-masing 127 sertifikat aset non-elektronik dan 23 sertifikat elektronik. Sedangkan target keseluruhan adalah 750 sertifikat,” terang Yusuf.

    Menurutnya, sebelum lebaran nanti juga akan masuk 250 sertifikat. Ia berharap, di tahun ini pihaknya dapat melebihi target seperti tahun sebelumnya. Dimana Kantah Kota Tangerang mampu menyelesaikan total 708 sertifikat aset dari target 700 penyelesaian.

    “Insha Allah kami akan mengupayakan mempertahankan capaian tersebut. Terlbih di 2023 lalu, Pemkot Tangerang juga memperoleh penghargaan Monitoring Center for Prevention (MCP) dari KPK-RI serta sertifikasi Barang Milik Daerah BMD terbanyak.” ujar Yusuf. (*/tam)