RSUD Kabupaten Tangerang Siapkan Ruang Vaksin

    FOTO: Seorang petugas tengah mengecek suhu di ruang penyimpanan vaksin Covid-19

    TANGERANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang tengah mempersiapkan ruang pendingin (cooling room) vaksin Covid-19. Sebanyak dua unit cold chain atau lemari pendingin telah disiapkan.

    Lemari pendingin merupakan wadah penyimpanan vaksin virus corona. Masing masing lemari memiliki kapasitas 100 liter dan 1.250 liter yang disimpan di ruang instalasi farmasi, dengan suhu -2 sampai 8 derajat celcius.

    Kepala Instalasi Farmasi RSUD Kabupaten Tangerang Yudi Murdianto mengatakan, pihaknya telah siap untuk menerima dan mendistribusikan vaksin sesuai standar yang telah ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

    Menurutnya, penyimpanan vaksin membutuhkan suatu perhatian khusus karena vaksin merupakan sediaan biologis yang rentan terhadap perubahan temperatur lingkungan, sehingga harus disimpan pada suhu tertentu.

    “Suhunya antara 2 sampai 8 derajat celcius untuk vaksin sensitif beku (tidak boleh beku) dan -15 sampai – 25 derajat celcius untuk vaksin yang sensitif panas,” ujar Yudi, Kamis (3/12/2020).

    Secara umum, vaksin akan rusak jika terpapar oleh sinar matahari secara langsung. Pemerintah Indonesia diketahui sudah meneken kesepakatan untuk pengadaan 143 juta dosis konsentrat vaksin dengan perusahaan farmasi asal China; yaitu Sinovac, Sinopharm, dan CanSino. Masing-masing 65 juta dan 15 juta hingga 20 juta konsentrat vaksin. Vaksin itu rencananya diproduksi perusahaan BUMN, PT Bio Farma.

    Selain itu, masih ada 100 juta dosis vaksin Covid-19 yang diproduksi AstraZeneca diharapkan dapat dilakukan pengiriman pertama pada kuartal kedua 2021. (Den)