Satu-satunya di Banten, Pemkot Tangerang Punya Laboratorium Pengujian Bahan Konstruksi

    Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono.

    TANGERANG – Kota Tangerang terus menorehkan prestasi luar biasa. Salah satunya, per akhir tahun kemarin. Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Pemkot Tangerang baru saja meresmikan Laboratorium Pengujian Bahan Konstruksi.

    Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono menuturkan, laboratorium tersebut menjadi satu-satunya yang dimiliki dinas atau instansi daerah tingkat kota/kabupaten di wilayah provinsi Banten.

    Tak tanggung-tanggung, laboratorium tersebut juga telah terakreditasi secara internasional dengan beragam jenis fasilitas.

    “Laboratorium ini mampu memfasilitasi banyak jenis kebutuhan. Seperti, layanan uji kuat beton silinder, uji kuat paving block, uji ketebalan aspal, uji density aspal, uji DCP tanah, dan sebagainya. Kesemuanya berstandar internasional,” ujar Kepala Dinas PUPR, Ruta Ireng Wicaksono, Selasa, (28/2).

    Ia melanjutkan, laboratorium tersebut dapat melaksanakan pengujian bahan konstruksi dan pengujian lapangan atas hasil konstruksi yang telah berstandar internasional. Hal ini berdasarkan Sertifikat Akreditasi International Standard Organization (ISO)/SNI/ IEC No. 17025: 2017 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

    “Sasarannya bagi siapa saja yang mau melakukan uji bahan konstruksi. Mulai dari pemerintah, swasta, pengguna jasa konstruksi sipil, dan masyarakat umum. Semuanya bisa mengaksesnya,” kata Ruta.

    Laboratorium yang berlokasi di kantor Dinas PUPR Kota Tangerang tersebut sangat berpengaruh besar dalam pengendali atas hasil mutu pekerjaan konstruksi di di Kota Tangerang. Juga mendorong Kota Tangerang untuk berperan ke tingkat nasional bahkan global dengan optimal. (*/tam)