TEI 2022, Transaksi Ekspor Kota Tangerang Capai Ratusan Juta

    Kepala Bidang Perdagangan Disindagkopukm Kota Tangerang Shandy Sulaeman saat meninjau salah satu stan pameran

    TANGERANG – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disindagkopukm) Kota Tangerang menampilkan produk lokal unggulan dalam Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 tahun 2022.

    Adapun kegiatan berlangsung selama 19-23 Oktober 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Acara yang digelar secara luring ini pun berhasil mencatat nilai transaksi hingga mencapai ratusan juta rupiah.

    Kepala Bidang Perdagangan Disindagkopukm Kota Tangerang Shandy Sulaeman mengatakan, pihaknya turut serta mendorong pemulihan perdagangan global dengan transaksi yang telah dibukukan para pengusaha asal Kota Tangerang.

    “Nilai transaksi di lokasi mencapai Rp192.312.000,-. Jumlah transaksi ini sangat luar biasa,” ungkap Shandy, Selasa (25/10/2022).

    Kata Shandi, transaksi tersebut didapat dari 15 produk unggulan asal Kota Tangerang dengan kategori pangan, fesyen, dan kerajinan, yang diikutsertakan dalam pameran perdagangan terbesar se-Asia Tenggara.

    “Seperti produk fesyen batik dan tenun mencatatkan transaksi senilai Rp88.800.000,- dan produk handuk Rp14.282.000,-. Lalu, ada produk pangan kacang-kacangan senilai Rp8.000.000,-. Serta ada transaksi untuk produk kerajinan eceng gondok senilai Rp67.050.000,-,” urainya.

    Selain membukukan transaksi ratusan juta rupiah dalam pelaksanaan TEI 2022 secara luring, lanjut Shandy, ada juga potensi-potensi ekspor dari produk-produk asal Kota Tangerang.

    “Jadi, selama pelaksanaan kemarin pengusaha-pengusaha Kota Tangerang menemukan peluang bisnis ekspor dengan berbagai negara dari USA, India, Belanda, Nigeria, Nepal, Prancis, dan lainnya. Potensinya seperti perbincangan bisnis, pemesanan dan kontrak,” terangnya.

    Shandy menambahkan, capaian-capaian tersebut menunjukkan bahwa produk-produk Kota Tangerang turut serta meramaikan pasar global.

    “Ini sangat berefek bagi Kota Tangerang bahwa tentunya nilai ekspor bagi Kota Tangerang meningkat,” tuturnya.

    Sementara pada kesempatan itu, para pelaku usaha asal Kota Tangerang yang turut serta dalam pameran tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tangerang yang telah memfasilitasi mereka dalam mendapatkan potensi perdagangan internasional.

    “Tentunya kami berterima kasih kepada Pemkot Tangerang karena sudah memfasilitasi. Kami juga berharap ke depan bisa terus ikut dalam event-event lainnya untuk meningkatkan bisnis,” ucap Founder Biopac Noryawati Mulyono. (Hmi)