Antisipasi Wabah PMK, Pemkot Tangerang Stop Distribusi Hewan Kurban Jelang Idul Adha

    Kepala Bidang Pertanian DKP Kota Tangerang Ibnu Arifyanto

    TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bakal menyetop distribusi hewan kurban terhitung mulai Minggu 26 Juni 2022.

    Hal itu dilakukan sebagai antisipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan kurban jelang Idul Adha 1443 hijriah.

    ”Jelang idul adha kita stop distribusi hewan kurban dari luar daerah khususnya dari Jawa Timur. Hasil rapat terakhir penyetopan mulai tanggal 26 Juni 2022,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pertanian DKP Kota Tangerang Ibnu Arifyanto, saat dikonfirmasi Beritatangerang.id melalui seluler pada Kamis (23/6/2022).

    Sementara sebelumnya, Ketua Komisi Fatwa MUI Kota Tangerang Nasirudin Kholid mengatakan, berkaitan dengan wabah PMK jelang idul adha tahun ini, pihaknya berharap Pemkot Tangerang atau dinas terkait wajib menjamin ketersediaan hewan kurban yang memenuhi standar syariah dan sehat.

    “Khususnya yang bebas dari PMK. Dan hendaknya Pemkot juga meningkatkan pengawasan lalu lintas ternak yang masuk dan keluar dari Kota Tangerang,” jelasnya.

    Selain itu pihaknya juga meminta Pemkot Tangerang untuk proaktif turun ke masyarakat guna melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, khususnya hewan yang diperjualbelikan untuk kurban.

    “Semoga ini menjadi rujukan bagi masyarakat, pemerintah, dan pihak-pihak yang ingin berkurban,” harapnya. (Hmi)