Aparatur Kecamatan Cibodas Salurkan Belasan Ribu BST

    Camat Cibodas Mahdiar (kiri), meninjau langsung pelaksanaan pembagian BST.

    CIBODAS – Aparatur Kecamatan Cibodas bekerja sama dengan Pos Indonesiadan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), membagikan 15.961 Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

    Kegiatan digelar selama tiga hari. Dimulai 17-19 Februari 2021. Pemberian BST ini merupakan gelombang kedua, setelah sebelumnya pada januari lalu dibagikan bantuan serupa.

    Camat Cibodas Mahdiar.

    “Pada Rabu dan Kamis lalu, sebanyak lima kelurahan masing masing Kelurahan Cibodas, Cibodasari, Cibodas Baru, Jatiuwung dan Panunggangan Barat, melaksanakan pembagian BST. Disusul Kamis dan Jumat ini, Kelurahan Uuwung Jaya menggelar kegiatan yang sama,” kata Camat Cibodas Mahdiar, Jumat (19/2).

    Menurutnya, kegiatan di masing-masing kelurahan sengaja dilaksanakan selama dua hari dan dilakukan dibeberapa lokasi terpisah. Mengingat kondisi pandemi Covid-19, supaya tidak terjadi antrean warga.

    “Berbekal pengalaman bulan lalu, kami sengaja mengalokasikan kegiatan di sejumlah gedung Sekolah Dasar Negeri yang tersebar di penjuru kelurahan. Tujuannya untuk mengantisipasi antrean warga saat mengambil BST,” ungkap Mahdiar.

    Metode pembagian BST yang dilakukan aparatur Kecamatan Cibodas terbukti berhasil. Tidak terlihat penumpukan warga pada saat pengambilan BST.

    “Alhamdulillah, kegiatan berjalan tertib dan lancar sesuai harapan, tanpa ada penumpukan warga,” imbuhnya.

    Suasana pembagian BST di wilayah Kecamatan Cibodas.

    Ia mengungkapkan, bila di wilayahnya masih terus dilakukan penyempurnaan data terkait warga penerima BST.

     “Kami berpedoman pada data tahun sebelumnya. Namun apabila terdapat KPM yang tidak terlampir dalam  data atau ada usulan data tambahan, maka kami akan mengkomunikasikannya dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang. Kemudian diteruskan ke Kementerian Sosial (Kemensos) RI, untuk dilakukan perbaikan data,” terangnya.  

    Mahdiar berharap kepada warga penerima manfaat, agar bantuan yang sudah diberikan pemerintah pusat melalui pemkot bisa membantu kesulitan warga warga dalam menghadapi pandemi Covid ini.

    “Gunakan bantuan tunai ini untuk membeli bahan kebutuhan pokok hidup sehari. Jangan dibelanjakan untuk membeli kebutuhan konsumtif lainnya,” imbau Mahdiar kepada warga.

    Kedepan pihaknya bersama TKSK dan PSM, akan terus melakukan update data terkait warga penerima manfaat. “Kami akan selalu mengevaluasi dan memperbaiki data. Supaya bantuan menjadi tepat sasaran dan tidak ada penerima ganda,” tukas Mahdiar. (adv)