Arief Minta Semua Instansi Bersiaga Antisipasi Banjir

    FOTO: Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah

    TANGERANG – Upaya antisipasi banjir besar yang diprediksi bakal terjadi pada 18 hingga 20 Februari 2021 esok, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meminta seluruh jajarannya untuk bersiaga.

    Ia juga berharap agar semua instansi bahu membahu dalam mengantisipasi banjir yang bakal menyelimuti enam provinsi di pulau Jawa, termasuk Jabodetabek, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

    “Hampir semua (instansi) kita kerahkan. Kalau dihitung ada sekitar 1.700 personel yang kita kerahkan untuk mengantisipasi banjir tersebut,” kata Arief, Kamis (18/2/2021).

    Arief mengaku telah melakukan rapat dengan Unit Pelayanan Teknis (UPT) sejak Selasa (16/2/2021), untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi berdasarkan prediksi BMKG.

    “Rapat koordinasi evaluasi 60 titik genangan-genangan banjir dan antisipasi prakiraan curah hujan tinggi pada 18-19 Februari 2021 dengan pembagian tugas pada setiap tim pemeliharaan SDA, drainase dan jalan,” tuturnya.

    Meski demikian, Arief juga berharap ada campur tangan pemerintah pusat dalam melakukan rekayasa cuaca atau Weather Modification Technology (WMT), upaya mengubah tingkat curah hujan yang turun secara alami dengan mengubah prosesnya secara fisika di dalam awan.

    Menurut Arief, langkah itu perlu dilakukan upaya meminimalisir terjadinya musibah yang lebih besar akibat bencana banjir.

    “Kiranya pemerintah pusat dapat bekerjasama dengan TNI AU untuk ikut membantu dengan merekayasa cuaca sehingga bencana banjir tidak terlalu besar. Kalau banjirnya besar juga bisa menjadi bencana besar dan kerugian juga akan semakin besar,” pungkasnya.

    Diberitakan sebelumnya, banjir besar diprediksi akan terjadi di wilayah Jabodetabek pada 19 – 20 Februari 2021, termasuk Kota Tangerang. Prakiraan itu berdasarkan rilis peringatan dini dari BMKG dan prediksi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada Kamis (18/2/2021). (Hmi)