Petugas PUPR Sebut Banjir di Fly Over Cibodas Sudah Biasa

    FOTO: Ketinggian air yang menggenang di kolong fly over Cibodas Kota Tangerang

    TANGERANG – Intensitas hujan yang cukup tinggi menimbulkan genangan di beberapa titik wilayah Kota Tangerang. Hujan deras dan merata menyelimuti seluruh wilayah Kota Tangerang, pada Kamis (18/2/2021).

    Akibat hujan, luapan air dengan ketinggian mencapai 80 sentimeter itu terpantau memenuhi kolong fly over wilayah Cibodas, Kota Tangerang, pada Kamis (18/2/2021) siang.

    Nampak seorang petugas Samin dengan mengenakan baju kerja berlabel Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (DPUPR) Kota Tangerang, tengah memantau volume air yang menggenang.

    Saat dikonfirmasi, Samin mengaku volume air sedemikian ini sudah biasa menggenangi area tersebut pada setiap musim penghujan.

    “Kondisi jalan ini memang biasa digenangi air setiap musim hujan,” kata Samin.

    “Tambahannya dari luapan Kali Sabi. Kali itu juga dapet kiriman air dari sungai di Bitung Jaya, Kabupaten Tangerang,” imbuhnya.

    Samin menjelaskan, ketinggian air yang menggenang saat ini tergolong variatif. Sebab, ketinggian permukaan jalan tersebut pun bervariasi. Namun, kata Samin, genangan tertinggi bisa mencapai 80 sentimeter, dan terendah sekitar 40 sentimeter.

    “Semakin dekat ke jalan di atas kali itu, berarti semakin tinggi genangannya. Kalau semakin jauh dari jalan, genangannya lumayan rendah, sekitar 40 sentimeter,” jelasnya.

    Terlebih, lanjut Samin, luapan Kali Sabi kerap membawa banyak sampah yang menyebabkan aliran air terhambat. Dan keberadaannya di lokasi tersebut salah satunya adalah untuk mengatasi sampah yang menyumbat.

    “Kami di sini untuk bersihin sampah yang nyangkut di jembatan. Kan karena meluap, kalinya jadi punya ketinggian yang sama kaya jembatan, banyak sampah yang suka nyangkut gitu di jembatan,” tuturnya.

    “Makanya kami jaga-jaga di sini untuk ngebersihin itu,” tandasnya. (Hmi)