Arief Minta Warga Bijak Menyikapi Larangan Mudik Lebaran

    FOTO: Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah

    TANGERANG – Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah minta masyarakat menyikapi bijak terkait aturan pelarangan mudik lebaran 1442 hijriyah. Hal itu diungkapkan Arief saat dikonfirmasi wartawan melalui pesawat telepon pada Jumat (26/3/2021) malam.

    Kata Arief, pada dasarnya pemerintah daerah akan mengikuti aturan dan arahan pemerintah pusat dalam menyambut ramadan dan lebaran tahun ini.

    “Kan saya juga pemerintah, tinggal menjalankan, pertimbangannya kan kita bisa belajar dari satu tahun ke belakang, setiap libur panjang kasusnya (Covid-19) melonjak,” ujar Arief.

    “Saya harap masyarakat bijak terkait mudik lebaran karena kita masih dilanda pandemi Covid-19. Saya pikir keputusan pemerintah pusat juga sudah dengan berbagai pertimbangan,” ujarnya menambahkan.

    Arief juga menerangkan, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19, Pemkot Tangerang melakukan Perpanjangan Pemberlakuan Sosial Berskala Besar (PSBB) melalui Keputusan Wali Kota Nomor : 443/Kep. 223 – BPBD/2021 guna menunjang aturan PPKM melalui Instruksi Mendagri Nomor 06 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro per-tanggal 23 Maret hingga 5 April 2021 mendatang.

    “Pemkot akan terapkan beberapa cek poin guna mendukung pelarangan mudik,” katanya.

    “Walaupun sekarang angka terkonfirmasi sudah landai sekitar 20 kasus pada setiap harinya, namun kami tetap memberlakukan PSBB atau PPKM berbasis mikro untuk mendukung percepatan penanganan,” imbuhnya.

    Lebih lanjut, Arief menerangkan bahwa pemerintah melalui PPKM ini juga terus mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat RT RW melalui kampung Sigacor.

    “Kami koordinasi dengan camat lurah hingga pengurus RT RW untuk terus waspada penyebaran virus Covid-19 di lingkungan terdekat, mengingat sebentar lagi ramadan, kita ingin memastikan semua lingkungan aman dan kondusif,” tukasnya. (Hmi)