PMI Gelar Pelatihan Dapur Umum Pasca Bencana

    FOTO: Pelatihan dapur umum para relawan PMI Kota Tangerang

    TANGERANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menggelar pelatihan dapur umum pasca bencana. Pelatihan ini ditujukan kepada para Relawan Korps Sukarela (RKS) PMI.

    Kadiv Penanggulangan Bencana Agus Gilang Prabowo mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk siagakan relawan di Kota Tangerang, apabila sewaktu-waktu membutuhkan secara cepat personil untuk tanggap bencana dalam kapasitas dapur umum.

    “Penyelenggaraan dapur umum ini untuk melayani kebutuhan makan para penderita/korban bencana, dapat diselenggarakan oleh siapa saja yang tentunya dengan kapasitas dalam dapur umum itu sendiri,” katanya.

    Salah satu calon relawan PMI Kota Tangerang Rizqulloh mengaku sangat antusias ikuti pelatihan tersebut.

    “Kita para calon relawan memiliki antusiasme yang sangat tinggi. Karena notabene kita berbeda bidang, tidak jarang kita berbeda pendapat karena dilihat dari segi bentuk pengalaman, usia, dan beberapa dari kami juga sudah merasakan terjun langsung pada bencana hingga yang awam sekalipun,” tutur Rizqulloh.

    “Pelatihan dapur umum ini kita tidak hanya diberdayakan untuk siaga Kota Tangerang sendiri melainkan bila kita juga diminta untuk membantu kota lain, maka kita akan siap karena kita di pelatihan ini sudah dibekali ilmu dan praktik,” imbuhnya.

    Dapur umum ini merupakan kegiatan yang tidaklah mudah dan juga tidak bisa dibilang sulit karena memang di dalam dapur umum ini harus memiliki kapasitas. kemampuan dalam bidang dapur umum sangatlah penting dibutuhkan untuk para petugas yang nantinya ikut terjun ke lokasi atau dalam suatu kondisi bencana. (Hmi)