Begini Alasan Masjid Kali Pasir Jadi Lokasi Pengambilan Api Porprov VI Banten

    Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah didampingi Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin

    TANGERANG – Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi Banten (Porprov) VI Banten segera dimulai. Pembukaan ditandai dengan api obor Porprov yang akan dibawa oleh sejumlah tokoh dan atlet mulai dari Masjid Kali Pasir, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

    Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah didampingi Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menjelaskan, pengambilan api Porprov VI Banten di Masjid Jami Kali Pasir adalah untuk mengangkat potensi budaya lokal. Hal itu lantaran Masjid Jami Kali Pasir merupakan salah satu masjid tertua di Kota Tangerang.

    “Jadi pengambilan api nya di Kali Pasir karena kita menganggap potensi budaya lokal. Dan Kali Pasir itukan salah satu masjid tertua di Kota Tangerang. Jadi makanya pengambilan apinya di situ,” ujar Arief, Rabu (16/11/2022).

    Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Rizal Ridolloh mengatakan, api obor Porprov akan dibawa berkeliling ke 8 wilayah Kota/Kabupaten se-Provinsi Banten mulai dari Masjid Jami Kali Pasir pada Kamis 17 November 2022.

    “Dari Masjid Kali Pasir, nanti pemegang obor pertama DKM Masjid kemudian diserahkan ke Wali Kota Tangerang, dari wali kota diserahkan lagi ke Ketua KONI Provinsi Banten, baru setelah itu dibawa berkeliling,” ungkap Rizal, Rabu (16/11/2022).

    Adapun rute obor kata Rizal, dari Masjid Jami Kali Pasir, kemudian dibawa menuju Kota Cilegon – Kabupaten Serang – Kota Serang – Kabupaten Pandeglang – Kabupaten Lebak – Kabupaten Tangerang – Kota Tangerang Selatan – terakhir Kota Tangerang.

    “Nginep di Kota Serang dan Kabupaten Tangerang sebelum kembali tiba di Kota Tangerang,” tandasnya. (*/Hmi)