Begini Kronologis Kebakaran yang Menewaskan Satu Keluarga di Tangerang

    FOTO: Kapolresta Tangsel AKBP Iman Setiawan saat konferensi pers

    TANGERANG – Kebakaran hebat terjadi di RT 07 RW 01 Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. Insiden yang terjadi pada Jumat (23/10/2020) dini hari ini menyebabkan satu keluarga meninggal dunia.

    Satu keluarga yang menjadi korban tersebut berjumlah lima orang, dengan kepala keluarga bernama Saidun Sinaga yang merupakan warga komplek perumahan Bumi Permai Sentosa Blok B RT 07/01 Ceodeng Desa Palasari Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang.

    Korban yang terdiri dari pasangan suami istri yang bernama Saidun Sinaga (55) dan istri Rianti (48) ini meninggal di bagian belakang rumah. Sementara tiga orang anaknya bernama Risa Angraini Sinaga (25) Agnia Anggraini (22), dan Alpin Akbar (15).

    Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Legok Kabupaten Tangerang AKP Dicky Dwi Priambudi mengatakan, kini tim Puslabfor tengah melakukan olah TKP untuk mengetahui penyebab kebakaran yang menewaskan lima orang anggota keluarga.

    “Puslabfor Mabes Polri sedang olah TKP untuk mengumpulkan data dan keterangan dari saksi-saksi agar mengetahui penyebab pastinya sumber kebakaran,” ungkapnya.

    Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Kosrudin menjelaskan, satu dari empat rumah yang ludes dilalap si jago merah itu menyebabkan lima orang penghuninya meninggal dunia.

    “Kejadiannya pada pukul 01.20 WIB, warga baru menghubungi pihak Damkar sekira pukul 02.13 WIB,” ujar Kosrudin.

    “Satu unit rumah ludes beserta isi dan penghuninya sementara tiga rumah lainnya yang terbakar namun tidak parah. Satu keluarga tewas di tempat, suami istri dan 3 orang anak,” imbuhnya.

    Terpisah, Kapolresta Tangsel AKBP Iman Setiawan menerangkan, tim penyidik Polresta Kabupaten Tangerang mengaku akan melakukan penyelidikan secara mendalam terkait kebakaran yang terjadi di lokasi yang menghanguskan 4 rumah dan menelan korban jiwa.

    “Terkait peristiwa ini petugas dari Polresta Kabupaten Tangerang telah melakukan olah TKP untuk menemukan penyebab awal kebakaran tersebut. Dan kita juga telah memeriksa 3 orang saksi yang mengetahui awal kejadian,” katanya, Jumat (23/10/2020) sore.

    Berdasarkan pemeriksaan awal dilokasi kejadian, Kapolres mengaku bahwa pihaknya sendiri belum menemukan adanya unsur kesengajaan dari kebakaran yang menewaskan 5 orang tersebut.

    Sejauh ini berdasar keterangan saksi, lanjut Kapolres, belum ada unsur kesengajaan terhadap kasus tersebut atau melihat seseorang yang membakar hingga menyebabkan kebakaran terhadap rumah tersebut.

    “Dan berdasarkan informasi warga korban ini keluarga yang baik. Itu dibuktikan dengan kami melihat banyak pelayat sebagai duka cita terhadap keluarga almarhum,” ucapnya.

    “Kita belum bisa menyimpulkan, tapi sampai saat ini dari Tim Laboratorium Forensik (Labfor) sedang memeriksa dan terus melakukan penyelidikan, kemudian nanti dikombinasikan beberapa keterangan dari para saksi,” tegasnya. (Hmi)