Beri Pelatihan Desain Kemasan

    Tingkatkan Nilai Jual Produk UKM
    Beri Pelatihan Desain Kemasan

    SERPONG – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Tangerang Selatan mengelar Bimtek Design Kemasan tahap I dalam kegiatan Fasilitasi Pengembangan Keunggulan Kompetitif Produk UKM, di hotel Marilyn Serpong Utara baru-baru ini.

    Sedikitnya 120 UKM mendapatkan pelatihan dalam mengemas produk yang baik.
    Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany hadir dalam kegiatan itu menyampaikan, harapan besar agar pelatihan yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan UKM dapat memberikan dampak positif bagi tumbuhnya UKM di kota yang dipimpinnya itu.

    “Ini dalam rangka memberikan pelatihan desain yang baik, dengan desain yang baik akan meningkatkan nilai jual produk UKM di Kota Tangerang Selatan. Harapan besar apa yang Dinas Koperasi dan UKM berikan melalui pembinaan ini ada hasil yang dapat dirasakan oleh pelaku usaha,” harap Airin.

    Peserta Bimtek saat mengikuti pelatihan.

    Kemasan sangat mempengaruhi sekali sebagai daya tarik pembeli dalam dunia usaha. Inilah yang menjadi perhatian bagaimana caranya UKM di Kota Tangerang Selatan bisa berjaya dan bisa bersaing dengan wilayah lain karena peluang bisnis akan terbuka lebar.

    “Pemerintah Kota Tangerang Selatan cukup memperhatikan keberadaan UKM agar mampu bersaing dengan wilayah lain. Pertumbuhan ekonomi masyarakat menjadi basis kekuatan ekonomi yang cukup kuat,” tambah ia.

    Asisten Daerah Dua, Kota Tangerang Selatan, Uus Kusnadi turut hadir di dampingi oleh Kabid UKM, Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan, Ade Agustiawan serta para narasumber.

    Pelaksana tugas (Plt) Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan, Dahlia Nadeak menjelaskan kegiatan yang diselenggarakan itu, dalam rangka memberikan bekal kepada peserta bagaiman cara membuat desain kemasan yang baik dan menarik. Dengan desain kemasan menarik pasti akan meningkatkan penjualan.

    “Tujuan pelatihan mengingkatkan kemampuan usaha para UKM di Kota Tangerang Selatan. Sebab dengan kemasan yang menarik, sangat mempengaruhi seseorang untuk membeli,” kata Dahlia.
    Tentunya melalui pelatihan ini diharapkan, pelaku UKM bisa lebih percaya diri dalam mempromosikan hasil usahanya.

    Tak hanya dilingkungan sekitar tapi mulai mencoba tampil kepermukaan lebih luas melalui portal UKM yang dikelola Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan. “Bagi yang sudah memiliki standar baku baik PIRT, halal dan lain sebagainya akan diposting pada laman portal UKM yang dikelola oleh kami. Memang belum sebesar perusahaan asal China Alibaba.com tapi kami akan menuju kesana,” yakin Dahlia.

    Setidaknya baru ada sekitar 500-an UKM yang sudah diposting pada laman portal UKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan dari 26 ribu UKM pada tahun 2015.

    Pihaknya meminta supaya semakin banyak yang diposting secara online melalui meningkatkan kulitas produk dilengkapi dengan perizinan supaya lebih mudah diterima oleh masyarakat luas. (adv)