Dekatkan Layanan Kesehatan buat Warga, Camat Pinang Syarifudin Dukung Program ILP

    Camat Pinang, Syarifudin (tengah), pada uji coba ILP, Selasa (07/05), di Posyandu Cemara 8, Kecamatan Pinang.

    TANGERANG – Puskesmas Panunggangan ditunjuk Pemkot Tangerang menjadi salah satu pilot project penerapan Program Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP). Layanan tersebut diuji coba pada, Selasa (07/05), di Posyandu Cemara 8, Kecamatan Pinang.

    Camat Pinang, Syarifudin menjelaskan, ILP merupakan upaya penanganan kesehatan terpadu yang terintegrasi serta berfokus pada langkah-langkah promotif dan preventif.

    “Kami sangat mendukung Program ILP tersebut. Sebab berbagai layanan kesehatan  kini sudah dapat dilaksanakan di posyandu. Tentu saja ini bagian dari upaya mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat,” ungkap Syarifudin, Senin (13/05).

    Menurutnya, selain mendekatkan akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan hingga tingkat RT dan RW. ILP memudahkan dalam memantau kesehatan warga. Melalui screening, maka akan didapati penyakit apa yang sedang marak di derita warga. Sehingga dapat dilakukan langkah penanganan dan pencegahan.

    Sementara itu Kepala Puskesmas Panunggangan, dr Yumelda Ismawir, M.K.M, menjelaskan, berbagai layanan disediakan di posyandu lewat ILP. Mulai dari screening, pemeriksaan kesehatan sesuai usia kehidupan serta pelayanan lainnya yang biasa dilakukan di puskesmas.

    “Kami memberikan pelatihan kepada para kader posyandu supaya lebih terampil. Tujuannya supaya warga tidak menunggu lama saat mendapatkan layanan kesehatan di posyandu,” ungkap dokter yang akrab disapa Yumel ini.

    Ia menambahkan, pihaknya tetap menerjunkan tenaga medis dan staf guna menunjang ILP di posyandu. Contoh menugaskan bidan untuk memeriksa kesehatan ibu hamil.

    “Kami menggelar ILP bersamaan dengan posyandu melakukan kegiatan rutin. Pada uji coba ILP lalu, sebanyak 51 lansia dan 71 balita menerima layanan kesehatan. Jumlah tersebut membuktikan bila ILP mendapat antusias dari masyarakat. Semoga lewat ILP ini, kesehatan warga semakin terjaga,” tukas Yumel. (***)