Demo Omnibus Law, Polisi Fokus Cegah Gerakan Pelajar

    FOTO: Sejumlah aparat gabungan saat berjaga di jalan Daan Mogot Kota Tangerang

    TANGERANG – Rombongan kelompok mahasiswa dan buruh dari Kota Tangerang bergerak ke Jakarta tanpa penyekatan. Massa bergerak dalam rangka unjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja, Selasa (20/10/2020).

    Pantauan di lapangan, massa tersebut bergerak ke Jakarta melalui Jalan Daan Mogot di Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang.

    Kabag Ops Polres Metro Tangerang Kota AKBP Ruslan mengatakan, tidak ada penyekatan untuk massa mahasiswa dan buruh yang bergerak menuju Jakarta kali ini. Namun, kata Ruslan, aparat mewanti-mewanti para pelajar yang hendak mengikuti demo tersebut ke Jakarta.

    Kata dia, aparat telah bersiaga di perbatasan Tangerang dengan Jakarta. Selain mengawal massa mahasiswa dan buruh, penyiagaan aparat di perbatasan adalah untuk mencegah pelajar yang ikut serta demo tersebut.

    “Nggak ada penyekatan, kita hanya melakukan patroli dan pengawasan terhadap pelajar yang akan mengarah ke Jakarta melalui stasiun maupun terminal,” ujarnya.

    Ruslan mengungkapkan ada 320 aparat gabungan TNI-Polri yang disiagakan untuk melakukan pengamanan aksi unjuk rasa di wilayah hukum Kota Tangerang. Aparat tersebut juga disiagakan untuk mengantisipasi jika terjadi kerusuhan.

    “Ada, ini ada antisipasi tetap ada, kita sudah ada pasukan siaga yang akan diturunkan apabila terjadi kerusuhan,” tandasnya. (Hmi)