Diduga PHK Sepihak, Pabrik Cat di Batuceper Didemo

    Buruh KSPSI Kota Tangerang saat aksi

    TANGERANG – Diduga melakukan PHK sepihak terhadap salah satu karyawannya, PT Pacific Paint yang berlokasi di Jalan Pembangunan Kecamatan Batuceper, didemo para buruh dari FSP KEP KSPSI Kota Tangerang.

    Puluhan buruh FSP KEP KSPSI Kota Tangerang ini memadati halaman pabrik yang memproduksi cat dan tinta pada Kamis (20/10/2022).

    Dalam aksi tersebut, para peserta menuntut perusahaan yang diduga telah melakukan PHK sepihak kepada pekerjanya yang merupakan anggota serikat FSP KEP KSPSI ini agar dapat dipekerjakan kembali.

    Kordinator Aksi Edi Priyatno mengatakan, aksi unjuk rasa ini merupakan bentuk perjuangan dalam menuntut perusahaan yang sudah melakukan PHK sepihak kepada karyawannya.

    “Jadi aksi hari ini adalah untuk menuntut perusahaan agar mempekerjakan kembali anggota kami yang sudah di PHK sepihak oleh perusahaan pabrik cat dan tinta ini,” jelasnya.

    Menurut Edi, pihak perusahaan sudah melakukan PHK sepihak dengan alasan yang tidak sesuai dengan undang-undang. Jadi, kata Edi, kalau memang pihak perusahaan bersikeras dengan keputusannya, maka pihak buruh minta agar perusahaan memberikan hak yang bersangkutan sesuai undang-undang.

    “Jadi saya minta perusahaan secepatnya menyelesaikan persoalan ini dengan pihak SPSI yang sudah diberikan amanah untuk menyelesaikannya,” tegas Edi.

    Dalam hal ini, lanjut Edi, bukan hanya pekerja yang terkena PHK merasa keberatan dengan keputusan perusahaan, namun semua pengurus PUK Pabrik Cat Dan Tinta pun juga merasa keberatan.

    “Semua pengurus PUK keberatan, jadi selain aksi menuntut hak pekerja yang terkena PHK juga sebagai penolakan keputusan perusahaan, Karena kalo dibiarkan akan menjadi barometer. kedepannya bahkan bisa dilakukan perusahaan lagi terhadap karyawan lain,” tukasnya.

    Dalam aksi kali ini diketahui bahwa pihak buruh belum mendapat respon dari pihak perusahaan. Mereka pun mengancam akan kembali menggelar aksi untuk memperjuangkan hak hak buruh yang terkena PHK sepihak. (Hmi)