DPRD Tawarkan Solusi Pasca Eksekusi

    FOTO: Suasana saat audiensi

    TANGERANG – DPRD Kota Tangerang siap memfasilitasi warga terdampak pembangunan Tol JORR II yang terlantar pasca pengosongan lahan untuk percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN).

    Diketahui, Kota Tangerang merupakan salah satu daerah terdampak PSN yang tengah digaungkan pemerintah pusat. Guna percepatan pembangunan, sebanyak 27 bidang rumah, di Jurumudi, Kecamatan Benda, Kota Tangerang dieksekusi, Selasa (1/9/2020).

    Kini, eksekusi puluhan rumah tersebut meningggalkan luka yang mendalam bagi ratusan warga terdampak pembangunan tol. Ironisnya, uang ganti pembebasan lahan itu pun belum dibayarkan atau masih dalam proses konsinyasi.

    Demonstrasi pun terjadi pasca eksekusi, jeritan hati dan tangisan histeris menyelimuti ruang audiensi di gedung DPRD Kota Tangerang pada Selasa (1/8/2020) malam. Kepada wakil rakyat mereka menyampaikan aspirasi.

    Dalam audiensi itu warga menyampaikan semua aspirasi. Salah satunya yakni meminta difasilitasi rumah singgah sambil menunggu pencairan uang pembayaran.

    Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Turidi Susanto mengatakan, berdasarkan hasil komunikasi lembaga eksekutif, Pemerintah Kota Tangerang menawarkan 40 pintu rumah susun yang berlokasi di Gebang Raya dan Batujaya.

    Selain itu, kata Turidi, PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) juga berupaya memfasilitasi rumah tinggal sementara bagi warga tersebut.

    “Tapi warga tidak mau dengan fasilitas itu karena dianggap tidak layak,” ungkap Turidi usai audiensi.

    Sementara DPRD Kota Tangerang sendiri akan memberikan fasilitas sebagai rumah tinggal sementara di gelanggang olahraga (GOR) dan kantor DPRD Kota Tangerang.

    Turidi menambahkan, warga akan tinggal di lima rumah tersisa atau belum digusur dari 27 rumah. Adapun alasan warga ingin tinggal di kantor DPRD Kota Tangerang karena ingin berjuang.

    “Kalau di DPRD ini kami izinkan karena ini juga rumah rakyat,” tandasnya.

    Pantauan beritatangerang.id, puluhan warga terdampak proyek Tol JORR II bermalam di kantor DPRD Kota Tangerang pada Selasa (1/8/2020). Namun, sebagian dari mereka pun bermalam di beberapa permukiman warga sekitar penggusuran.

    Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR RI Mohamad Rano Alfath yang hadir untuk menyerap aspirasi juga mengaku pihaknya akan memfasilitasi warga yang terlantar.

    “Kami akan berikan kontrakan untuk ibu-ibu dan bayi yang terdampak proyek ini,” ujarnya. (Hmi)