Ini Dua Aplikasi Pemkot Tangerang yang Diadopsi

    FOTO: Kepala Diskominfo Kota Tangerang Mulyani saat mengarahkan penggunaan sistem aplikasi kepada Kepala Diskominfo Kota Padang Panjang Ampera Salim (peci putih)

    TANGERANG (BT) – Ketertarikan sejumlah daerah untuk mengadopsi sistem aplikasi milik Pemerintah Kota Tangerang kini juga dirasa oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

    Kota tersebut telah sepakat membuat Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan mengadopsi dua aplikasi yang dimiliki Diskominfo Kota Tangerang, Senin (20/1/2020).

    Adapun dua aplikasi yang diadopsi pada tahap awal ialah Portal E-Gov dan Sigap. Dua aplikasi tersebut diperuntukan sebagai Aplikasi Kepegawaian, serta monitoring kepegawaian seperti LH, Pertamanan, hingga Dishub.

    Kepala Diskominfo Padang Panjang Ampera Salim mengatakan, kedatangannya kali ini untuk menindaklanjuti kunjungan Wali Kota Padang Panjang sebelumnya pada waktu lalu. Saat ini, pihaknya pun kembali menegaskan kerjasama dengan Pemkot Tangerang.

    “Sebagai tahap awal, hanya dua aplikasi yang kami adopsi,” ujarnya.

    Sebagai smart city, lanjut ia, Kota Tangerang merupakan kota terlengkap dalam kepemilikan aplikasi. Terlebih, sarana prasana yang dimiliki pun terbilang lengkap.

    “Ini patut dicontoh dan diterapkan di Kota Padang Panjang,” tuturnya.

    Menanggapi hal itu, Kepala Diskominfo Kota Tangerang Mulyani menyambut baik perihal tersebut. Ia pun tak segan melakukan kunjungan balik bersama tim, supaya dapat memperkuat aplikasi portal e-Gov dan Sigap yang sudah diterapkan.

    “Kami akan membantu sesuai dengan pengalaman yang dimiliki,” kata Mulyani.

    Lanjut ia, Diskominfo Kota Tangerang juga akan belajar dari apa yang sudah dimiliki Diskominfo Padang panjang.

    “Kita saling berkunjung, saling belajar sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat,” imbuhnya. (Ris/Hmi)