Ini Upaya Danamon dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

    Moderator Marissa Anita (kiri), bersama Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki, pada acara a Conversation with Mr Yasushi Itagaki, menyambut 65 Years of Dedication and Growth through Collaborations for Indonesia, Jumat (16/7), melalui aplikasi zoom.

    JAKARTA – Di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Danamon menyadari begitu pentingnya aksi dari seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berkolaborasi dalam menghadapi masa yang sulit ini.

    Berbagai upaya pun dilakukan untuk membantu masyarakat Indonesia. Genap memasuki hari jadinya yang ke-65, tahun ini Danamon memiliki program dengan mengusung tema “Tumbuh melalui Kolaborasi”.

    Direktur Utama Danamon, Yasushi Itagaki menjelaskan, kurun 65 tahun bukanlah proses yang singkat untuk memajukan perusahaannya. “Kami bersyukur atas semua pencapaian Danamon yang kini menjadi anggota dari Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG), yang dapat terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Yasushi, pada acara Conversation with Mr Yasushi Itagaki, menyambut hari jadi Danamon ke-65 yang digelar melalui zoom, Jumat (16/7).

    Menurutnya, meski memasuki 2020 hingga awal tahun ini kita dihadapkan pada banyak tantangan, mulai dari kondisi ekonomi yang tidak menentu hingga situasi sulit akibat serangan pandemi Covid-19, namun Danamon tetap dapat mengukir berbagai pencapaian.

    Kesuksesan Danamon kata Yasushi, tidak mungkin terjadi tanpa kerja keras dan dedikasi karyawan, mitra usaha, para nasabah dan seluruh pemangku kepentingan yang telah berkontribusi membawa Danamon menjadi salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia.

    “Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua pihak. Tentunya yang telah menjadikan motivasi bagi Danamon untuk terus hadir memberikan pelayanan dan kinerja yang lebih baik,” tutur Yasushi.

    Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, ia tetap mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk optimis menatap kedepan. Juga bersatu dan berkolaborasi dalam menghadapi masa krisis ini.

    Selama pandemi Covid-19, serangkaian kegiatan telah diluncurkan Danamon. Tujuannya untuk mendukung masyarakat Indonesia. Diantaranya gerakan kampanye “Positivity Saves Lives”.

    Dalam kampanye ini, masyarakat diajak untuk membagikan video kepada kerabat guna menyebarkan semangat positif. Setiap satu video yang dibagikan, Danamon mendonasikan 1 Alat Pelindung Diri (APD) kepada rumah sakit dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia yang disalurkan oleh Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Indonesia Kuat yang didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Total donasi yang disalurkan mencapai lebih dari 11.000 APD.

    Selain itu, Danamon juga telah mendonasikan lebih dari Rp1 miliar melalui Benih Baik untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pokok mitra pengemudi penyedia transportasi daring Grab.

    “Kami juga menyediakan asuransi bagi 10.000 relawan Covid-19 melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui kerja sama dengan BP Jamsostek,” jelas Yasushi.

    Danamon juga aktif dalam mendistribusikan sembako dan APD di sejumlah wilayah di Indonesia. Melalui jaringan kantor wilayah dan cabang Bank Danamon.

    “Tahun ini merupakan peringatan dua tahun penyelesaian investasi strategis MUFG di Bank Danamon. Bersama MUFG, Bank Danamon telah mampu melewati masa penuh tantangan dalam mendukung program pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19,” jelas Yasushi.

    pada 23 Juni – 2 Juli lalu, Bank Danamon bersama MUFG dan Adira Finance mengadakan sentra vaksinasi dengan menyalurkan 12.500 dosis vaksin yang ditargetkan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), masyarakat transportasi, pengemudi transportasi daring, masyarakat rentan, serta karyawan lini terdepan yang menghadapi nasabah dari ketiga lembaga jasa keuangan tersebut.

    Acara itu didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Rumah Sakit Mayapada, serta Halodoc sebagai fasilitator operasional dan manajemen pembuatan janji vaksinasi.

    “Dalam upaya menjaga keamanan dan keselamatan pegawai dalam bekerja selama pandemi, Danamon ikut serta dalam ‘Program Vaksinasi untuk Sektor Jasa Keuangan’ yang diselenggarakan oleh Kemenkes RI, Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), dn Ikatan Bankir Indonesia (IBI),” terang Yasushi.

    Kerja sama juga dijalin dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan Lembaga Penjamin Efek Indonesia (KSEI). “Vaksin COVID-19 ini diberikan kepada karyawan garda terdepan (frontliner) Danamon terpilih dan lansia 60 tahun ke atas,” imbuh Yasushi.

    Selama masa pandemi, Danamon memastikan para nasabah dapat terus menikmati layanan perbankan melalui kemudahan melakukan transaksi keuangan kapan saja dan dimana saja.

    Nasabah memiliki pilihan menggunakan layanan perbankan elektronik dan digital untuk kebutuhan dan kenyamanan bertransaksi seperti D-Bank, Danamon Online Banking, SMS Banking dan ATM.

    “Danamon secara berkesinambungan terus berupaya mendukung upaya pemerintah dalam penanganan pandemic Covid-19. Bersama dengan mitra strategis terkait, Danamon sedang menggagas pendirian Rumah Sakit Darurat untuk membantu meringankan beban fasilitas kesehatan,” tukas Yasushi. (rls/tam)