Kesbangpol Kota Tangerang Intens Bina Masyarakat

    Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang, H Irman Pujahendra (kanan), saat menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Sinergitas Tim Kewaspadaan Dini (TKD) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Provinsi Banten oleh Komunitas Intelijen Daerah (Kominda), Kamis (28/10).

    TANGERANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang terus melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang diembannya. Salah satunya melaksanakan tugas di bidang ideologi dan wawasan kebangsaan (wasbang), kewaspadaan, pembinaan kemasyarakatan dan politik dalam negeri.

    Baru-baru ini, Kesbangpol Kota Tangerang mengikuti Rapat Koordinasi Sinergitas Tim Kewaspadaan Dini (TKD) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Provinsi Banten oleh Komunitas Intelijen Daerah (Kominda), Kamis (28/10), di ruang rapat Bappeda Provinsi Banten, Kota Serang.

    “Melalui pertemuan tersebut diharapkan dari peserta rapat dapat memberikan masukan pada pemerintah terkait deteksi pencegahan dini dapat lebih awal diketahui terhadap suatu masalah ditengah-tengah masyarakat,” kata Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang, H Irman Pujahendra, yang pada kesempatan itu hadir menjadi narasumber.

    Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Tangerang, H Casmat Junaidi (kanan), pada acara workshop pegiat P4GN di lingkungan perusahaan, Kamis (28/10).

    Ia menambahkan, TKD bertugas untuk mendorong terciptanya stabilitas keamanan dan terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan di daerah serta mengantisipasi berbagai bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.

    “Maka dari itu perlu diadakannya peningkatan kewaspadaan dini pemerintah daerah melalui pendeteksian dan pencegahan dini. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah serta Permendagri Nomor 46 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 2 Tahun 2018,” papar Irman.

    Tim Kewaspadaan Dini kata Irman, memiliki peran penting dalam membantu pemerintah melakukan antisipasi dini setiap segala kemungkinan masalah yang muncul di tengah masyarakat. “Sehingga forum yang melibatkan langsung stakeholder ini diharapkan dapat lebih meningkatkan perannya,” ujarnya.

    Tak hanya dalam hal memelihara keamanan dan ketertiban, Kesbangpol Kota Tangerang juga turut berperan aktif dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya penyalahgunaan narkoba. Seperti diuraikan Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Tangerang, H Casmat Junaidi.

    Menurutnya, jajarannya bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang, aktif melaksanakan kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

    “Kami mewakili Pemkot Tangerang, terus menggalakan giat Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika. Kami juga melibatkan lembaga pemerintahan serta elemen masyarakat dalam melaksanakan Program Pembangunan Berwawasan Lingkungan (Pencegahan, Rehab dan Penegakan Hukum Narkoba),” jelas Casmat.

    Ia menambahkan, dalam menerapkan Program P4GN, Badan Kesbangpol Kota Tangerang berperan dalam hal pencegahan serta memfasilitasi penyelenggaraan P4GN. “Untuk meminimalisir bahaya penyalahgunaan narkotika, kami juga sudah membentuk agen pemulihan dari unsur masyarakat didalamnya,” tukas Casmat. (adv)