RSUD Kota Tangerang Terus Meningkatkan Pelayanan Bagi Pasien

    Walikota Tangerang Arief R Wismansyah (kiri), menyerahkan penghargaan pelayanan publik terbaik kepada Direktur RSUD Kota Tangerang Feriyansyah.

    TANGERANG – Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Kota Tangerang, berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Berbagai innovasi dilakukan. Terutama bagi pasien warga Kota Tangerang merasa nyaman saat berobat di rumah sakit yang dikelola pemkot ini.

    Serangkaian kemudahan dipersembahkan kepada warga. Tak heran bila RSUD Kota Tangerang, menerima penghargaan peringkat pertama atas pelayanan publik terbaik yang telah diberikan. Walikota Tangerang Arief R Wismansyah pada peringatan HUT Korpri Rabu pekan lalu, menyerahkan penghargaan tersebut kepada Direktur RSUD Kota Tangerang Feriyansyah.

    “Upaya yang telah kami lakukan diantaranya membentuk komite mutu RS dan melakukan survey kepuasan dari para pasien,” ungkap Fery. RSUD juga membentuk tim Customer Care dan komplain pasien. “Kami juga membuat tim website, untuk memperbaharui informasi dan saran dari masyarakat,” tutur Feri.

    Inovasi pelayanan publik lain yang diciptakan adalah dengan mengoperasikan mobil shuttle. Kendaraan ini beroperasi mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB. Bagi pasien yang belum memiliki jaminan, RSUD tetap memberi kemudahan. Yaitu dengan menghapus sistem uang muka (deposit-red) bagi pasien yang belum memiliki jaminan tadi.

    “Pada sore hari, kami membuka poli anak. Klinik kebidanan dan kandungan. Juga klinik jiwa dan poli spesialis gigi,” terang Feri. Tak hanya bagi pasien, para pegawai juga diberi bekal kemampuan yang mumpuni. Komite Mutu Keselamatan Pasien dan Manajemen Resiko (KMKPMR), tak henti-hentinya memberi pengetahuan kepada seluruh pegawai.

    Khususnya mengenai program peningkatan mutu dan indikator rumah sakit. Tentang 6 sasaran keselamatan pasien serta manajemen resiko RS. “Kami akan terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Tangerang. Kritik dan saran untuk kemajuan, akan kami jadikan acuan guna mengembangkan serta meningkatkan mutu layanan RSUD yang lebih baik lagi,” tukas Feri.

    Untuk diketahui. Pada Juni lalu, RSUD Kota Tangerang memperoleh Akreditasi Tingkat Paripurna. Akreditasi tertinggi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) ini, merupakan bukti keseriusan RSUD untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. (ads)