Ormas Diminta Turut Berperan Aktif Bantu Masyarakat

    TANGERANG – Organisasi kemasyarakatan (ormas) diminta berperan aktif dalam membantu masyarakat. Sehingga keberadaan ormas memiliki andil dan peranan dalam membantu kemajuan Kota Tangerang.

    Harapan tersebut disampaikan wakil walikota Tangerang H Sachrudin, saat memberi sambutan lomba masak rendang Padang yang digagas Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kota Tangerang beberapa waktu lalu.

    “Ini merupakan salah bantu bentuk kegiatan positif dalam membantu warga. Sebab hasil lomba masak ini langsung didistribusikan buat warga di 13 kecamatan yang tengah menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumahnya masing-masing,” terang Sachrudin.

    Menurutnya, kebersamaan dan persatuan ini mampu mendorong menuju suksesnya pembangunan di Kota Tangerang.

    “Sebab penduduk kota ini berasal dari berbagai macam suku, namun dapat hidup rukun berdampingan. Mustahil dapat melaksanakan pembangunan ditengah kondisi yang tidak aman,” ujar Sachrudin.

    Menurutnya, apabila kedamaian dan persaudaraan ini  dapat terus dipelihara maka akan menjadi kekuatan besar dalam menuntaskan berbagai permasalahan yang terjadi di lingkungan. “Terus pertahankan nilai kebersamaan ini. Sehingga Kota Tangerang bisa menjadi kota sehat yang berdaya saing,” imbuh Sachrudin.

    Sementara itu Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang Irman Pujahendra menerangkan, pihaknya terus melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap 152 ormas di Kota Tangerang.

    “Kami melakukan pengawasan dan pembinaan, sesuai Undang Undang (UU) Nomor 16 Tahun 2017 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan Menjadi Undang-Undang,” jelas Irman.

    Dikatakan, pihaknya melakukan verifikasi terhadap ormas terkait legalitas, kepengurusan, sekretariat serta keabsahan yang dikeluarkan kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

    “Setelah semua persyaratan lengkap dan dinyatakan valid, kami akan mengeluarkan Surat Keterangan Tercatat (SKT) sebagai bukti telah memenuhi syarat menjadi ormas,” tutur Irman.

    Sedangkan Sekretaris Kesbangpol Kota Tangerang Casmat Junaidi mengatakan, dengan telah dikeluarkannya SKT maka ormas bisa berkoordinasi dan berkolaborasi terkait kegiatan kemasyarakatan.

    “Kami berharap adanya peran aktif dan partisipasi ormas berkaitan hal positif di Kota Tangerang. Mulai dari musrenbang, membantu penanganan bencana, serta kegiatan sosial lainnya,” kata Casmat. (*)