Paskibraka Kota Tangerang Harus Jadi Agen Perubahan

    Pj Walikota Tangerang, Nurdin (kanan), meninjau seleksi calon Paskibraka Kota Tangerang 2024, di Plaza Puspemkot Tangerang, Sabtu (16/3).

    TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), menggelar Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tangerang Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Plaza Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Sabtu (16/3).

    Penjabat Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, dalam amanatnya menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkot Tangerang untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan generasi muda. 

    “Paskibraka bukan hanya sekadar mengibarkan bendera, tapi juga sebagai agen perubahan dan teladan bagi generasi muda lainnya,” ujar Nurdin.

    Menurutnya, Pemkot Tangerang terus berkomitmen untuk terus menggelorakan nilai-nilai Pancasila di masyarakat, salah satunya melalui kegiatan Paskibraka. 

    “Paskibraka bukan hanya bertugas mengibarkan bendera pada saat Hari Kemerdekaan RI, tapi juga sebagai kader bangsa yang harus terus menjaga dan membela bangsa. Terpilih atau tidaknya, kalian semua adalah kader bangsa yang memiliki jiwa dan semangat untuk membangun bangsa,” ujar Nurdin.  

    Ia berharap, seleksi ini dapat menghasilkan kader-kader yang berpotensi dan bermanfaat untuk masyarakat Kota Tangerang maupun bangsa. 

    “Saya harap seleksi ini dapat memberikan pengalaman dan kesempatan bagi para peserta untuk menguji kemampuan diri dan menjadi Paskibraka yang terbaik. Insya Allah, nantinya bisa ada perwakilan dari Kota Tangerang yang terpilih menjadi Paskibraka di Istana Negara,” pungkas mantan Kepala Pusdatin Kemendagri ini. 

    Adapun tahapan seleksi ini berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 51 Tahun 2023 tentang Pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. 

    Seleksi ini diikuti oleh 1.140 siswa yang berasal dari SMA, dan SMK Negeri maupun Swasta di Kota Tangerang. Dengan proses seleksi yang pada hari ini sudah memasuki tahap ke 4, dari total 6 tahapan, yang akan diikuti oleh 248 orang untuk seleksi kesehatan dan parade. (*/tam)