Pemalsu Surat Tes Swab Digelandang Polisi

    FOTO: Dua tersangka pemalsu surat tes swab nampak dijaga ketat polisi

    TANGERANG – Pemalsu surat keterangan hasil test swab antigen digelandang Polsek Tangerang Polres Metro Tangerang Kota. Dua tersangka yang diamankan polisi ini memalsukan surat untuk keperluan mudik.

    Kasus terungkap saat tersangka yang berinisial SN dan SG kembali dari Pekalongan Jawa Tengah ke Tangerang. Kemudian, kedua tersangka diminta untuk menunjukkan bukti bebas Covid yakni surat tes antigen pasca mudik lebaran 2021.

    Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombespol Deonijiu De Fatima menjelaskan, terungkapnya kasus berdasarkan kecurigaan pihaknya atas hasil tes yang ditunjukkan tersangka kepada petugas kelurahan.

    “Bermula dari kecurigaan kepada tersangka SN yang menjelaskan bahwa sudah melaksanakan rapid test antigen dengan hasil negatif dari salah satu klinik di Jakarta Selatan,” kata Kapolres saat jumpa pers di Mapolrestro Tangerang Kota, Jumat (21/5/2021).

    “Anggota kami langsung melakukan kroscek dengan menelpon pihak klinik. Dan ternyata pihak klinik tidak pernah mengeluarkan surat yang ditunjukkan tersebut,” imbuhnya.

    Dari keterangan, keduanya mengaku bahwa surat yang ditunjukkan hasil editan foto yang diambil dari Google demi bisa melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

    “Dengan alasan takut melakukan Swab, SN langsung berinisiatif menyuruh anaknya untuk mengedit dengan alat yang dimiliki, yakni laptop dan printer,” kata Kapolres.

    Selanjutnya kedua tersangka langsung dibawa ke Mapolsek untuk dimintai keterangan oleh penyidik.

    “Saat ini keduanya kita amankan dan dijerat dengan Pasal 268 KUHP tentang pemalsuan surat keterangan dokter dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara,” tegasnya. (Hmi)