Pemkab Tangerang Raih Predikat Tertinggi Kearsipan Nasional

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo dua kanan), menyerahkan penghargaan kearsipan nasional kepada Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum Kabupaten Tangerang, M Taufik.

    KABUPATEN TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang meraih penghargaan Kearsipan Nasional predikat AA (sangat memuaskan) kategori Pengawasan Kearsipan dengan nilai 92,00.

    Penghargaan diserahkan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Hotel Sunan, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (26/02).

    Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo dan Plt Kepala ANRI, M Taufik kepada Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum Kabupaten Tangerang, Yani Sutisna mewakili Bupati Tangerang A Zaki Iskandar.

    Zaki mengucapkan rasa syukur atas diraihnya penghargaan kearsipan tersebut. Bahkan predikat yang ditoreh Pemkab Tangerang sangat memuaskan denagn nilai sangat tinggi yakni 92,00 (AA).

    Prestasi membanggakan tersebut menurut Zaki, tidak lepas dari kerja keras Organisasi Perangkat Daerah (OPD), khususnya Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang yang berinovasi. Sehingga menghasilkan prestasi yang membanggakan.

    “Alhamdulillah, Kabupaten Tangerang menerima penghargaan Kearsipan Nasional dengan predikat sangat memuaskan dari ANRI. Ini merupakan sebuah capaian prestasi yang luar biasa yang kita raih dalam hal kearsipan,” ujar Zaki.

    Prestasi yang diraih menurut Zaki, akan jadi kebanggaan masyarakat. Ia meminta masyarakat untuk turut menjaga dan memelihara segala sesuatu yang sudah dibangun oleh pemda.

    Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengatakan, dalam konteks reformasi birokrasi, masyarakat menginginkan layanan pemerintah yang cepat dan tidak terbatas jarak ruang dan waktu.

    Salah satunya dibutuhkan sistem data berbasis elektronik khususnya data kearsipan.

    “Dengan sistem tersebut diharapkan tercipta tata lintas data kearsipan yang terintegrasi, otentik, handal, dinamis, aman, secara cepat, simultan, dan terarah,” kata Tjahjo Kumolo.

    Untuk itu tambah Tjahjo, ANRI sebagai lembaga kearsipan nasional harus mampu menggerakkan dan mengorganisasi kearsipan instansi, mulai dari tingkat pusat hingga daerah. (hms/tam)