Pemkot Tangerang Gelontorkan Dana BOP Miliaran Rupiah

    FOTO: Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang

    TANGERANG – Dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp9.232.950.000 digelontorkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang ke Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Tangerang.

    Dana miliaran rupiah tersebut telah diberikan langsung ke rekening SMP masing-masing, pada Jumat (13/11/2020) lalu. Sementara untuk SD yang berjumlah 117 sekolah diberikan pada Selasa (17/11/2020) kemarin.

    Kepala Bidang (Kabid) SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang Totong Suwarto mengaku pihaknya telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp2.617.950.000 ke semua SD di Kota Tangerang, Selasa (17/11/2020) kemarin.

    “Penyaluran BOP SD dan MI swasta triwulan 4 tahun 2020 sudah di Transfer ke sekolah melalui bank BJB. Mekanismenya dari Disdidik langsung di TF ke rekening sekolah,” ungkap Totong, Rabu (18/11/2020).

    Ia menjelaskan, pemberian BOP ini diperuntukan bagi sekolah yang siap untuk membebaskan biaya SPP murid. Mekanismenya, sekolah mengajukan dana BOP ke Disdik Kota Tangerang. Kemudian bila mendapat persetujuan, kata Totong, BOP tersebut akan diberikan Disdik ke rekening sekolah.

    “Jumlah besaran BOP yang kita berikan ke sekolah itu tergantung dari jumlah siswanya per siswa itu 50 ribu tinggal dikalikan saja dengan jumlah siswa,” terangnya.

    Anggaran yang dikucurkan Pemkot Tangerang, lanjut Totong, diperuntukan bagi sekolah selama 3 bulan. “Ini untuk sekolah yang siap untuk mengurangi SPP siswa. Kalau memang sekolah yang membebaskan SPP-nya akan diberikan oleh Pemkot. Anggaran ini hanya untuk 3 bulan saja,” tegasnya.

    Ia berharap, dengan adanya BOP ini dapat membantu operasional sekolah terutama bagi siswa yang kurang mampu. Sehingga, kata Totong, mereka dapat mengenyam pendidikan dengan baik.

    “Ini kan dapat membantu untuk operasional sekolah swasta yang menengah ke bawah ini kan konsekuensinya untuk membebaskan SPP siswa. Mudah mudahan dapat dipergunakan untuk operasional sekolah,” tandasnya.

    Sementara Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdik Kota Tangerang, Eni Nurhaeni menjelaskan, untuk tingkat SMP sederajat total anggaran yang dikucurkan sebesar Rp6.615.000.000. Kata Eni, anggaran tersebut diberikan kepada 100 SMP dan 50 Madrasah Tsanawiyah (Mts) dengan total siswa sebanyak 21 ribu.

    “Mekanisme pemberiannya sama dengan SD. Sekolah yang mengajukan yang gak mengusulkan gak di kasih. Besarannya juga tergantung dengan jumlah murid,” pungkasnya. (Hmi)