Penanggulangan Banjir Jadi Tema Tasyakuran Pembangunan di Kecamatan Periuk

    Walikota Tangerang H arief R Wismansyah (kiri), pada acara Tasyakuran Pembangunan Kecamatan Periuk TA 2022, di GOR Taman Elang, Periuk, Kamis (16/02).

    TANGERANG – Sesuai namanya, wilayah Kecamatan Periuk kerap disambangi genangan air dan banjir. Namun Pemkot Tangerang beserta jajarannya, tidak tinggal diam untuk berupaya melakukan pengendalian dan penanggulangan banjir.

    Pada Tasyakuran Pembangunan Kecamatan Periuk, yang digelar di GOR Taman Elang, Kecamatan Periuk, Kamis (16/02), diungkapkan sejumlah upaya pengendalian banjir. Diantaranya dengan membangun turap Kali Sabi dan Cirarab, pembangunan drainase serta penambahan rumah pompa air.  

    “Alhamdulillah, pembangunan Tahun Anggaran 2022 telah dilaksanakan. Dari sekian pembangunan yang ada, pengendalian banjir sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sebab dapat mengurangi debit air hingga diharapkan tidak ada lagi banjir,” kata Camat Periuk, Nanang.

    Camat Periuk, Nanang (tengah), berpose bersama Sekcam Periuk Hendri P Syahputra (tiga kanan) dan para lurah, usai acara Tasyakuran Pembangunan Kecamatan Periuk TA 2022, di GOR Taman Elang, Kamis, (16/02).

    Ia memaparkan, selain dua sistem pengendalian banjir, satu kolam olakan, 47 drainase dan pembangunan fisik lainnya terdapat satu unit gedung community center, juga telah dilakukan pembedahan 30 unit rumah tidak layak huni, pembangunan gedung MUI dan tiga rehabilitasi turap. Termasuk 18 peningkatan jalan pemukiman, serta satu titik pembangunan trotoar.

    Pembangunan non fisik pun tak urung diberikan kepada masyarakat di Kecamatan Periuk. Diantaranya berupa pemberian biaya operasional pendidikan (BOP)  kepada 11.920 siswa dan membantu 1.330 siswa melalui Program Tangerang Cerdas.

    Bantuan biaya pendidikan jenjang perguruan tinggi pun diberikan bagi 11 mahasiswa. Juga bantuan sosial berupa makanan untuk 38 keluarga sejahtera mandiri (KSM), 100 lansia kelompok rentan, dan 19 penyandang disabilitas.

    “Kami juga mencoba membangun sumber daya manusia (SDM) dengan memberikan pelatihan kerja kepada masyarakat. Memberi bantuan kesehatan melalui pelayanan KB kepada 183 pengguna, pemberian 20 kursi roda, pelaksanaan isbat nikah bagi 100 pasang, dan membagikan 7.524 bibit tanaman, serta 9.550 benih ikan untuk warga,” papar Nanang.

    Menurutnya, berbagai pembangunan yang telah dilaksanakan di wilayah Kecamatan Periuk, seluruhnya ditujukan untuk kepentingan masyarakat. Untuk itu ia mengajak warga untuk sama-sama menjaga serta merawat pembangunan yang telah dilakukan Pemkot Tangerang ini.

    “Mewakili masyarakat Kecamatan Periuk, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Tangerang, khususnya kepada bapak Walikota Tangerang H Arief R wismansyah dan bapak Wakil Walikota Tangerang H Sachrudin beserta dinas terkait, sehingga pembangunan di wilayah kami dapat dilaksanakan dengan baik,” tukas Nanang.

    Untuk diketahui, menyambut HUT ke-30 Kota Tangerang, pemkot melakukan Tasyakuran Pembangunan di 13 Kecamatan. Pada safari pembangunan tahun anggaran (TA) 2022 di Kecamatan Periuk, terdapat sederet pembangunan fisik maupun non fisik yang telah dilaksanakan. (***)