IMG-20181226-WA0114
IMG-20181226-WA0116
IMG-20181226-WA0115

    Kota Tangerang Raih Penghargaan Anugerah Pandu Negeri

    Walikota Tangerang Arief R Wismansyah (dua kanan), berpose bersama usai menerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri.

    TANGERANG – Pemkot Tangerang menerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri predikat Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Sangat Baik. Penghargaan dari Indonesian Institute Publik Governance (IIPG) ini, hanya diberikan kepada 5 pemerintah kota di Indonesia. Masing-masing Kota Tangerang, Kota Denpasar, Kota Pontianak, Kota Sukabumi dan Kota Surakarta.

    Ketua IIPG, Sigit Pramono pada acara penyerahan penghargaan, Jumat (10/11) mengatakan, penghargaan Anugerah Pandu Negeri merupakan bentuk apresiasi kepada para kepala daerah. Sebab telah melakukan berbagai terobosan dalam pengelolaan pemerintahannya.

    “Penilaiannya meliputi aspek governance. Diantaranya tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan dan anti korupsi,” ungkap Sigit, di gedung Financial Graha CIMB NIAGA, Jakarta Pusat. Ia manambahkan, penilaian dilakukan oleh tim independen. Mereka menyaring dan menilai 538 pemerintah daerah di Indonesia.

    Penilaian sendiri dilakukan dalam beberapa tahapan. Mulai dari survey lapangan, pengolahan data-data yang meliputi laporan keuangan daerah sera penetapan APBD yang tepat waktu. Hingga inovasi-inovasi yang dilakukan kepala daerah bagi kemajuan wilayahnya.

    “Dari 538 daerah, 200 daerah dinyatakan lolos penyaringan. Kemudian disaring kembali menjadi 50 daerah yang pantas menerima penghargaan,” kata Sigit. Menurutnya, inovasi merupakan langkah terbaik bagi perkembangan suatu daerah.

    “Kota yang maju memang harus mempunyai inovasi. Terutama di bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan,” ujarnya. Anugerah Pandu Negeri lanjut Sigit, menjadi bukti komitmen pemimpin daerah dengan kinerja dan tata kelola keuangan yang baik.

    Sementara itu Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, mengucapkan “Tentunya kami sangat mengapresiasi penghargaan ini.Tidak disangka, banyak orang yang memperhatikan kinerja pemerintah daerah yang mengedepankan kepentingan masyarakat,” ungkap Arief.

    Dikatakan, penghargaan tersebut menjadi dedikasi bagi semua unsur lapisan masyarakat Kota Tangerang. Yang telah turut membantu memberikan ide-ide, kreativitas dan sumbangsih pemikiran bagi suksesnya program-program pemkot. “Terobosan ini tentunya bermanfaat bagi masyarakat banyak,” tandas Arief. (hms/hdj)

    Print Friendly, PDF & Email
    IMG-20181126-WA0033
    IMG-20181225-WA0244