BPKAD

    Permudah Layanan Pajak, Bapenda Tangsel Luncurkan Aplikasi Sakila

    FOTO: Rahayu Sayekti Kepala Bidang Pajak Daerah II Bapenda Kota Tangerang Selatan

    TANGSEL (BT) – Upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meluncurkan aplikasi Satu Klik Layanan (Sakila) di kantornya, Senin (21/10/2019).

    Program berbasis domain ini diluncurkan untuk memberikan pelayanan pertama kepada calon wajib pajak di Kota Tangerang Selatan.

    Kepala Bidang Pajak Daerah II Rahayu Sayekti menjelaskan, keunggulan Sakila ini dapat diakses semua masyarakat yang akan membuka usaha di Kota Tangsel. Sehingga menurut ia, masyarakat dapat mendaftarkan objek pajak tanpa perlu mendatangi kantor Bapenda.

    “Sakila dapat diakses melalui domain website sakila.tangerangselatankota.go.id sekaligus dilengkapi berkas-berkas seperti nomor NPWP, NIK dan Kartu Keluarga (KK),” kata Rahayu.

    Berkas tersebut juga digunakan oleh Bapenda untuk sistematis pelayanan. Saat ini, lanjut Rahayu, di Kota Tangsel sedang digalakkan satu data entry.

    “Maka dari itu kita membutuhkan nomor identitas asli untuk mewujudkan satu data entry tersebut,” ujarnya.

    Ke depan, kata dia, Sakila akan berwujud aplikasi yang dapat diunduh dari Playstore dan atau Appstore. “Sekarang sedang dalam masa perkembangan. Yang nantinya akan lebih fleksibel lagi. Sementara pakai domain dulu,” ucapnya.

    Ia juga mengatakan, lahirnya Sakila di Tangsel adalah jawaban dari ketidaktahuan pelaku usaha yang mendaftarkan usahanya sebagai objek pajak. Sudah lama masyarakat ditawarkan pelayanan manual. Sehingga dengan keterbatasan informasi dan waktu, banyak wajib pajak yang tidak sempat datang ke Bapenda atau meminta pegawai datang ke lokasi yang diinginkan.

    “Dengan adanya Sakila, kami berharap proses ini akan menjadi lebih singkat. Sehingga waktunya efisien. Apalagi, masalah SDM yang kerap terjadi di wilayah pemekaran. Sehingga Sakila diharapkan bisa memecahkan masalah tersebut,” tandasnya. (Bel)