Qori Ayatullah: Tak Ada Calon Independen di Pilkada Kota Tangerang

    Ketua KPU Kota Tangerang Qori Ayatullah (ist)

    TANGERANG – Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Tangerang 2024 dipastikan tanpa calon independen. Hal itu diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Qori Ayatullah, Selasa (14/5/2024).

    Menurut Qori, pihaknya telah membuka penyerahan dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan untuk Pilkada Kota Tangerang sejak 8 hingga 12 Mei 2024. Namun, pendaftar calon wali kota dan wakil wali kota sepi peminat. Maka, dapat dipastikan Pilkada Kota Tangerang 2024 tanpa calon independen.

    “Sebelum membuka pendaftaran melalui jalur perseorangan, KPU Kota Tangerang telah melakukan sosialisasi tentang pendaftaran calon perseorangan,” kata Qori, saat dikonfirmasi, Selasa (14/5/2024).

    KPU Kota Tangerang juga telah melakukan sosialisasi tentang tata cara pendaftaran bagi bakal calon wali kota dan wakil wali kota jalur independen yang ingin ikut serta dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

    Adapun dalam pembukaan pendaftaran itu, lanjut Qory, tidak ada warga yang menyerahkan dokumen persyaratan sebagai bakal kepala daerah melalui jalur perseorangan.

    “Sampai saat ini belum ada yang mendaftar atau menyerahkan dukungan melalui jalur perseorangan,” terangnya.

    Diketahui, untuk dapat ikut serta dalam pesta demokrasi lima tahunan ini, pasangan calon yang mendaftar melalui jalur perseorangan minimal harus mendapat dukungan 88.581 KTP yang dilengkapi surat pernyataan dukungan atau sekitar 6,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Kota Tangerang yaitu 1.362.773.

    Selain itu, dukungan KTP pun harus tersebar di 50 persen lebih dari kecamatan yang ada di Kota Tangerang atau setidaknya syarat dukungan tersebar di 7 kecamatan dari 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang. (Hmi)