Ratusan Pegawai Diskominfo Tangsel Dites Urine

    Pelaksanaan pemeriksaan urine di lingkungan Diskominfo Tangsel, Selasa (24/9).

    TANGSEL – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), melakukan pemeriksaan tes urine terhadap ratusan pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangsel, Selasa (24/9), di Gedung Satu, Lantai 6, Puspemkot Tangsel.

    Kepala Seksi Rehabilitasi BNN Kota Tangsel Vinna Tauria, menjelaskan, tes urine yang dilaksanakan bertujuan untuk pencegahan dan pemberdayaan masyarakat pada instansi pemerintah.

    “Kali ini kami melakukan tes pada Organisasi Perangkat Dinas (OPD). Mudah-mudahan tidak ada pegawai yang terindikasi menggunakan narkoba,” kata Vina.

    Ia menjelaskan, belum semua pegawai Diskominfo melakukan tes urine. Jadi kepada pegawai tersebut, tetap perlu dilakukan pemeriksaan. “Pegawai yang belum mengikuti tes urine diharapkan datang ke BNN untuk melakukan pemeriksaan susulan,” katanya.

    Menurut Vina, ada tujuh parameter dalam pemeriksaan. Masing-masing kokain, ganja, heroin, benzo atau obat-obatan. Juga antivitamin, sabu, gorilla atau ganja cair.

    “Hinga saat ini, hasil test masih negatif. Namun bila ada pegawai yang terindikasi pengguna narkoba, maka kami akan melakukan pemeriksaan ulang. Memastikan apakah mereka sedang meminum obat dari dokter atau tidak. Selanjutnya, hasil tes urine akan disampaikan melalui berita acara tertulis kepada dinas terkait,” kata Vina.

    Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kota Tangsel Fuad mengatakan, bila tes urine yang digelar diikuti oleh seluruh pegawai Diskominfo.

    “Saya juga ikut tes. Begitu juga pegawai lain. Bila didapati ada yang tidak ikut tes urine, maka akan dilakukan tes urine susulan,” terang Fuad.

    Ia menambahkan, sebelumnya tidak ada pemberitahuan kepada pegawai terkait akan diadakannya pemeriksaan tes urine. Maksudnya agar semua pegawai Diskominfo dapat diperiksa indikasi penyalahgunaan obat terlarang atau tidak.

    “Kami berharap, tes urine terhadap seluruh pegawai di lingkungan Diskominfo ini hasilnya negatif. Namun apabila ada prgawai yang terindikasi, maka kami akan tindak sesuai aturan yang berlaku,” tandas Fuad. (tam/bel)