Sachrudin: Tes GeNose Secara Acak Cegah Penularan Covid-19

    FOTO: Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat meninjau pelaksanaan tes GeNose C19 di Pasar Anyar Tangerang

    TANGERANG – Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin sebut tes GeNose C19 secara acak adalah upaya mencegah penularan Covid-19 sekaligus memastikan rasa aman bagi masyarakat.

    Hal itu diungkapkan Sachrudin saat meninjau pelaksanaan tes GeNose C19 di kawasan Pasar Anyar, Kota Tangerang, Senin (24/5/2021). Kata dia, pemeriksaan dilakukan kepada pengunjung, pedagang, maupun petugas yang bekerja di area Pasar Anyar.

    “Tujuannya untuk memastikan rasa aman bagi masyarakat dalam berbelanja di pasar. Supaya tahu kondisi kesehatan kita. Dan untuk menjaga orang lain agar tidak tertular Covid-19,” kata Wakil saat berbincang dengan sejumlah pedagang.

    Di hari yang sama, lanjut Sachrudin, Pemkot Tangerang melalui Dinas Kesehatan juga melakukan pemeriksaan GeNose C19 di dua tempat berbeda dengan target sasaran di masing-masing titik sebanyak 200 sampel per hari.Jatiuwung

    “Selain di Pasar Anyar, tes juga dilakukan di Puri Beta dan di wilayah Kecamatan Jatiuwung,” katanya. “Untuk di Jatiuwung tesnya di wilayah permukiman,” tambahnya.

    Ia melanjutkan, Pemkot Tangerang telah menjadwalkan kegiatan pemeriksaan GeNose pada sejumlah titik keramaian yang tersebar di 13 Kecamatan se-Kota Tangerang selama lima hari ke depan.

    “Tes GeNose dilakukan di pasar-pasar baik tradisional maupun modern, terminal hingga permukiman,” jelasnya.

    Sebelumnya, pemeriksaan GeNose juga telah dilakukan di dua titik keramaian pada 22 Mei 2021, dimana dari total 81 sampel yang diperiksa terdapat sebanyak tiga orang dengan hasil positif.

    “Hasil tes pada Sabtu malam lalu, 1 orang di Tangcity dan 2 orang di Puribeta,” tukasnya. (Hmi)