Sapi Pesanan Jokowi di Tangerang Siap Disembelih

    FOTO: Mukhsin dengan sapi limousin pesanan Jokowi

    TANGERANG – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pesan hewan kurban jenis sapi limousin di Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

    Sapi dengan bobot 1,06 Ton pesanan Jokowi ini rencana akan didistribusikan ke Masjid Agung Provinsi Banten pada perayaan Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada Jum’at 31 Juli 2020 mendatang.

    Perawat spesialis khusus penggemukan hewan sapi di Kota Tangerang Mukhsin (50) mengungkapkan, ini adalah kali keempat Presiden Joko Widodo membeli sapi di lapaknya.

    “Ini tahun keempat Presiden Jokowi beli sapi kurban di sini. Di tahun kedua, beliau pernah ngambil (beli) hingga 8 ekor sapi,” kata Mukhsin, Selasa (28/7/2020).

    Dalam pemeliharaan, lanjut Mukhsin, sapi jenis limousin pilihan Presiden Jokowi ini mendapat perawatan khusus.

    “Kami selalu bersihkan kotorannya agar tidak merusak kulit sapi, serta memberi pijatan rutin pada punggung sapi,” katanya saat ditemui di kandang sapi Jalan Raden Saleh Gg. Swadaya RT/RW 002/04, Kelurahan Karang Tengah Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

    Sedangkan untuk asupan makanan, kata Mukhsin melanjutkan, tidak ada yang beda dengan sapi-sapi lainnya, hanya ada penambahan nutrisi dan vitamin agar hewan sapi ini tetap sehat.

    “Ini baru kita kasih makan rumput, belum kita kasih konsentrat. Sapi ini juga sudah jalani test kesehatan sebanyak dua kali, dan dinyatakan dalam kondisi sehat hingga layak untuk dikurbankan,” tandasnya. (Hmi)