Satgas dan TPPK Diharapkan Mampu Cegah Kekerasan di Sekolah

    Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin, pada acara penatikan satgas dan TPPK beberapa waktu lalu.

    TANGERANG – Dinas Pendidikan Kota Tangerang baru-baru ini membentuk Satuan Tugas (Satgas) serta Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) di sekolah.  Keberadaan satgas dan TPPK diharapkan mampu mencegah tindak kekerasan di lingkungan sekolah.

    Sebanyak 80 satgas dan 1450 anggota TPPK, telah dilantik pada 6 Februari lalu, oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin. Mereka berasal dari perwakilan tenaga pendidik (guru) dan komite sekolah (wali murid).   

    “Satgas dan TPPK nantinya akan melakukan tugas preventif (pencegahan) terjadinya kasus kekerasan di lingkungan sekolah. Khususnya terhadap siswa SD dan SMP di wilayah Kota Tangerang,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin, Senin (19/02).

    Menurutnya, Dinas Pendidikan Kota Tangerang terus berkomitmen mewujudkan lingkungan belajar yang inklusif di seluruh satuan pendidikan.

    “Satgas dan TPPK akan bertugas merekomendasikan program dan langkah-langkah strategis dalam mencegah terjadinya kekerasan di lingkungan sekolah,” terang Jamal.

    Ia menambahkan, satgas dan TPPK juga memiliki peranan yang sangat penting. Seperti melakukan sosialisasi, pendampingan dan memberikan fasilitas perlindungan bila terjadi kasus kekerasan di lingkungan sekolah.

    “Setelah dilantik, Satgas dan TPPK memiliki masa tugas dua tahun. Mereka bertanggung jawab mencegah terjadinya kekerasan di lingkungan sekolah,” ujar Jamal.  

    Dikatakan, satgas dan TPPK sangat penting untuk direalisasikan. Diharapkan bisa memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tangerang. (***)