Tumbuhkan Rasa Nasionalisme, SDN Karang Anyar 3 Kunjungi TMP Taruna

    FOTO: Sejumlah siswa saat aksi bersih-bersih di Taman Makam Pahlawan Kota Tangerang

    TANGERANG (BT) – Puluhan pelajar kelas 6 asal SD Negeri Karang Anyar 3, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, berkunjung ke Museum Juang, Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, pada Rabu (20/11/2019).

    Kunjungan tersebut dalam rangka mengenang jasa pahlawan sekaligus menumbuhkan jiwa-jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada siswa. Dalam kunjungannya itu pun para siswa menggelar aksi bersih-bersih di makam pahlawan yang ada di Museum Juang, Kota Tangerang.

    Salah seorang guru pendamping Agus menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan pahlawan dan tempat-tempat bersejarah di Kota Tangerang, sehingga tumbuh rasa patriotisme, nasionalisme, dan mencintai lingkungan.

    “Salah satu syarat untuk mendapatkan Adiwiyata yaitu tingginya rasa mencintai lingkungan dan terbiasa untuk peduli lingkungan. Kunjungan ini menjadi salah satu upaya kami untuk meraih adiwiyata,” kata Agus saat diwawancara di lokasi.

    Selain mengunjungi museum, lanjut Agus, pihaknya juga berencana akan berkunjung ke Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan untuk melihat secara langsung proses menanam tumbuhan dan berternak yang baik dan benar.

    “Dengan ini kami berharap siswa memiliki karakter patrioritisme dan nasionalisme di tengah arus globalisasi. Jangan sampai luntur rasa bangga sebagai warga Indonesia dan Kota Tangerang,” ucapnya.

    “Kelak mereka bisa bangga ketika berdiri di forum yang lebih tinggi, bangga bahwa dirinya sebagai orang Indonesia,” pungkasnya. (Dens/Hmi)