Vaksinasi Tahap Pertama di Kota Tangerang Ditarget Rampung dalam Sepekan

    FOTO: Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi saat melakukan pengecekan sebelum divaksin

    TANGERANG – Vaksinasi tahap pertama di lingkup Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangerang diberikan kepada tenaga kesehatan. Pelaksanaan vaksinasi berlangsung di Dinas Kesehatan Kota Tangerang, pada Minggu (24/1/2021).

    Pada tahap pertama ini, sebanyak 190 Nakes Kota Tangerang disebut menjalani vaksinasi. Adapun jumlah vaksin produksi Sinovac yang diterima Pemkot Tangerang yaitu sebanyak 22.280 dosis.

    Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pada tahap pertama vaksinasi Covid-19 menyasar kepada 11.113 nakes yang ada di Kota Tangerang.

    “Hari ini Pemkot tangerang sudah mulai vaksinasi Covid-19. Sasaran semua ada 11.113 nakes, yaitu untuk petugas yang ada di Dinkes, Puskemas dan rumah sakit di Kota Tangerang,” kata Arief.

    Arief berharap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini dapat terselesaikan dalam sepekan. Sehingga dengan begitu, proses vaksinasi selanjutnya dapat segera dilaksanakan kepada masyarakat Kota Tangerang.

    “Mudah mudahan dalam minggu minggu ke depan bisa menuntaskan, kita menunggu arah lebih lanjut untuk pelaksanaan selanjutnya. Tapi hari ini kita sudah mulai, dan mudah mudahan bisa kita selesaikan,” ucapnya.

    Arief pun menganjurkan agar para tenaga kesehatan atau masyarakat Kota Tangerang yang hendak divaksin dapat membiasakan pola hidup sehat, menghindari stres, dan istirahat yang cukup.

    “Yah, salah satu persyaratan yang bisa divaksinasi tensinya harus di bawah 140 per 90. Jadi saya mengimbau masyarakat terutama teman teman tenaga kesehatan harus biasakan pola hidup sehat, dan tentunya hindari stres dan cukup istirahat,” tutur Arief.

    “Mudah mudahan ketika divaksin bisa dilaksanakan dengan baik,” imbuhnya.

    Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi menyebut, vaksin Sinovac yang diterima Kota Tangerang sebanyak 22.280 dosis ini untuk 2 kali putaran.

    “Vaksinasi tahap pertama dimulai pada 24 Januari. Pada hari berikutnya akan dilakukan bagi semua nakes di Puskesmas. Vaksinasi putaran awal ini kita targetkan selama 1 minggu,” terang Liza.

    Kata Liza, para Nakes yang telah divaksin akan melakukan monitoring sekaligus pembinaan ke sejumlah fasilitas kesehatan di Kota Tangerang untuk vaksinasi periode kedua.

    “Dengan harapan vaksinasi ini lancar, aman, agar selanjutnya vaksinasi bisa selesai pada akhir pekan ini. Sehingga pekan kedua kami persiapkan untuk putaran kedua,” tandasnya. (Hmi)